Ternyata Ini 6 Penyebab Mesin Mobil Suka Overheat, Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Ternyata Ini 6 Penyebab Mesin Mobil Suka Overheat, Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Penyebab engine overheat selanjutnya disebabkan oleh kerusakan tutup radiator. Entah disebabkan karena pemasangan tutup yang kurang kencang atau suatu hal yang menyebabkan tutup tidak bisa terpasang. Hal ini menyebabkan coolant radiator menetes dan membuat suhu mesin menjadi lebih panas.

3. Adanya Kebocoran Radiator

Selain kerusakan pada kipas dan tutup radiator, penyebab mesin mobil overheat juga disebabkan oleh kebocoran radiator. Kerusakan pada radiator biasanya disebabkan oleh tingginya kadar oksigen dan air di dalam radiator hingga menyebabkan korosi.

BACA JUGA: Ada 6 Kerusakan yang Bisa Ditanggung Asuransi, Nomor 4 Sering Terjadi

Hal ini dapat mengakibatkan logam radiator menjadi bocor sehingga cairan coolant terbuang sia-sia dan tidak dapat mendinginkan mesin dengan cepat.

4. Thermostat Rusak

Thermostat mobil atau alat pengukur suhu mesin yang rusak juga dapat menyebabkan hambatan pada saluran coolant radiator. Apabila kondisi ini terjadi, maka dipastikan suhu mesin susah turun dan mengalami overheat.

5. Penggunaan Oli Palsu atau Kualitas Oli yang Buruk

Penggunaan oli palsu pada mobil dapat menyebabkan suhu dalam mesin mobil terlalu panas. Hal ini karena oli tidak dapat melumasi bagian mesin mobil dengan baik sehingga gesekan yang ditimbulkan begitu besar. Hal tersebut dapat membuat kap mobil mengeluarkan asap tebal.

BACA JUGA:Ada Kenaikan Tarif Tol Jagorawi di Tahun 2024 Khusus, Intip Harganya

6. Bahan Bakar yang Digunakan Tidak Sesuai

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai, seperti oktan terlalu rendah dapat menyebabkan mesin mengalami knocking sehingga bahan bakar menjadi lebih boros dan mobil mengalami overheat.


Ternyata Ini 6 Penyebab Mesin Mobil Suka Overheat dan 7 Cara Mengatasinya-jcomp-freepik

Cara Mengatasi Mesin Mobil Overheat

Apa yang harus dilakukan ketika mobil overheat? Berikut beberapa cara yang bisa kalian contoh dalam mengatasi mesin mobil overheat, antara lain :

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: