Ternyata Ini 6 Penyebab Mesin Mobil Suka Overheat, Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Ternyata Ini 6 Penyebab Mesin Mobil Suka Overheat, Lengkap dengan Cara Mengatasinya

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Ketika mobil mengalami overheat, ini dapat menjadi pengalaman yang cukup menakutkan bagi pemiliknya.

Overheat bisa menjadi tanda adanya masalah serius dalam sistem pendingin (AC mobil tidak dingin) atau masalah komponen mesin lainnya seperti muncul suara gelembung pada reservoir, hingga suhu mesin mobil meningkat.

Di artikel ini kita akan membahas mengenai pengertian Overheat pada mobil, penyebab umummnya, tanda-tandanya, serta solusi efektif untuk mengatasi dan mencegah kondisi overheat pada mobil.

BACA JUGA:Ini 6 Penyebab Motor Turun Mesin, Nomor 3 Jadi Kebiasaan Jelek

Apa itu Overheat?

Overheat pada mobil adalah kondisi di mana suhu mesin kendaraan meningkat secara signifikan melebihi batas normalnya.

Mesin mobil dirancang untuk beroperasi pada suhu yang optimal, dan ketika suhu meningkat terlalu tinggi, dapat menyebabkan masalah serius pada mesin.

Meskipun banyak pengemudi yang mengetahui tanda-tanda mobil mengalami overheat, namun tidak semua pengemudi mobil yang memahami penyebab mobil overheat dan cara mengatasi kondisi tersebut. 

BACA JUGA:Simak Panduan Keselamatan Saat Offroad, Jangan Diabaikan Bisa Fatal!

Penyebab Mesin Mobil Overheat

Apa tanda-tanda mobil overheat? Berikut 6 faktor yang menyebabkan mobil mengalami overheat (suhu terlalu panas), antara lain sebagai berikut :

1. Kipas Radiator Rusak

Penyebab utama mesin mobil overheat dikarenakan adanya kerusakan pada bagian sistem pendingin mesin khususnya kipas radiator yang bermasalah. Komponen ini bisa dibilang kerap kali bermasalah dan mudah rusak. Kerusakannya berdampak pada susahnya penurunan mesin sehingga mesin mobil menjadi overheat.

2. Tutup Radiator Rusak

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: