Cek Sederet Manfaat Pembilasan Oli Motor yang Terendam Banjir, Jangan Anggap Remeh!

Cek Sederet Manfaat Pembilasan Oli Motor yang Terendam Banjir, Jangan Anggap Remeh!

Bisa saja masih terus ada kontaminasi air di dalam pelumas. Hal ini tentu akan menurunkan performa kerja pelumas sehingga tidak bisa mendukung kerja mesin motor secara optimal seperti biasa. 

BACA JUGA:Begini Cara Merawat Lampu Mobil Supaya Awet Anti Rusak dan Redup

Demi mendapatkan pelumas yang bisa bekerja lancar kembali, maka klaian perlu segera melakukan pembilasan tadi. Pastikan juga bahwa proses pembilasan tersebut dilakukan dengan tepat dan jika perlu ditangani oleh ahli yang profesional. 

Mekanisme Pembilasan Oli pada Motor

Pada dasarnya pembilasan pelumas memiliki proses yang hampir sama seperti pembilasan mesin lain. Dalam hal ini oli lama harus dikeluarkan terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. 

Selanjutnya oli yang akan dipakai untuk membilas bisa dimasukkan ke dalam tangki oli. Oli inilah yang nanti akan disebut sebagai oli pembilas. Setelah memasukkan oli pembilas, mesin motor perlu dinyalakan sebentar saja. 

Jika sudah selesai, matikan kembali mesin motor lalu buang lagi oli pembilas yang sudah dimasukkan tadi. Setelah bersih barulah bisa dimasukkan oli baru dengan volume sesuai kebutuhan. 

BACA JUGA:Jangan Asal! Ini Cara yang benar Menggunakan Pelumas Pada Rantai motor

Prosesnya bisa saja terlihat mudah namun sebenarnya sangat direkomendasikan untuk melakukan pembilasan ini di bengkel yang profesional. Tentu akan jauh lebih baik jika kalian bisa membawa motor ke bengkel resmi yang terjamin. 

Selain itu pastikan juga bahwa jenis oli yang digunakan sudah tepat. Pastikan kalian memilih tipe oli yang berkualitas sehingga nantinya bisa mendukung performa mesin secara optimal. 

Pembilasan Oli Motor pada Kondisi Lain

Selain dalam kondisi banjir, sebenarnya proses pembilasan pelumas ini juga bisa dilakukan pada situasi tertentu.

Misalnya saja pada kondisi dimana kalian sering ganti jenis pelumas dan intensitasnya sudah cukup tinggi. 

BACA JUGA:Bingung Mau Ganti Knalpot Motor Baru? Baca Ini Yuk Biar Nggak Galau Lagi Sob

Sebenarnya sangat disarankan untuk memakai satu jenis pelumas agar kualitas mesin terjaga dengan baik.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: