Jangan Anggap Remeh, Inilah Arti Signal di Dashboard Mobil yang Wajib Kamu Ketahui

Jangan Anggap Remeh, Inilah Arti Signal di Dashboard Mobil yang Wajib Kamu Ketahui

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Berkendara bukan hanya tentang mengendalikan roda dan pedal, tetapi juga tentang memahami 'bahasa dan arti simbol’ mobil kalian. 

Setiap lampu yang menyala di dashboard merupakan pesan yang ingin disampaikan mobil untuk kalian. 

Pesan ini bisa berarti peringatan, informasi, atau bahkan panggilan darurat yang membutuhkan tindakan penanganan segera.

BACA JUGA:Langkah Perawatan Mobil Agar Awet Tahan Lama, Jadi Anti Mogok Deh

Dengan memahami arti setiap simbol di dashboard, kalian akan tahu kapan harus segera membawa mobil ke bengkel, atau kapan cukup melakukan pengecekan dan perawatan sendiri.

Arti Simbol Lampu yang Ada di Dashboard Mobil

Setidaknya, ada 20 simbol lampu pada dashboard mobil. Setiap simbol lampu memiliki arti dan fungsinya tersendiri. Berikut penjelasan lengkapnya!

• Simbol Lampu Check Engine

Simbol lampu check engine bisa berwarna merah atau kuning. Jika lampu ini menyala, itu berarti ada masalah dengan mesin mobil atau komponen mesin terkait. 

Masalahnya bisa ringan, seperti penutup tangki bensin yang tidak tertutup dengan baik, atau serius, seperti kerusakan pada piston.

 Segera membawa mobil kalian ke bengkel jika lampu ini terus menyala atau berkedip.

BACA JUGA:Ada 3 Warna Baru Honda Rebel 500 CMX Indonesia, Cek Harga OTR-nya

• Simbol Lampu Temperatur Mesin

Simbol lampu temperatur mesin berbentuk busur dengan tulisan 'H' (hot) dan 'C' (cool). Jika jarum penunjuk mendekati 'H', itu berarti suhu mesin meningkat dan mungkin ada kerusakan pada radiator atau sistem pendingin lainnya.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait