Risiko Jarang Balancing Roda yang Bakal 'Menghantui' Pengendara Mobil di Jalanan

Risiko Jarang Balancing Roda yang Bakal 'Menghantui' Pengendara Mobil di Jalanan

Biasanya, getaran akan kalian rasakan ketika sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Tentu sangat berbahaya bukan apabila saat melaju dengan kecepatan tinggi, ternyata terjadi getaran? kalian akan sulit mengendalikan kemudi, dan bisa juga menyebabkan kepanikan saat berkendara.

Munculnya getaran karena kalian tidak melakukan balancing sesuai dengan waktu yang ditentukan. Apalagi jika ternyata kalian tidak pernah melakukan balancing roda sama sekali. Hal ini bisa membahayakan keselamatan saat berkendara.

2. Ban Cepat Aus

Perawatan ban terbilang cukup menguras kantong. Maka dari itu selagi tidak ada kendala, kalian harus menjaga dan melakukan perawatan dengan baik.

Salah satu risiko yang timbul apabila kalian tidak menjaga keseimbangan roda adalah ban mobil jadi lebih cepat aus. Sebab, permukaannya akan tergerus saat tidak ada keseimbangan pada roda.

Maka dari itu, kalian wajib melakukan balancing jika sudah waktunya. Supaya ban mobil jadi lebih awet atau masa pakainya tahan lama. Kantong kalian juga lebih aman dari kemungkinan sering ganti ban kendaraan.

BACA JUGA:Ini yang Terjadi Jika Biarkan Banyak Kerikil pada Ban Mobil

3. Putaran Roda Tidak Seimbang

Keseimbangan roda sangat penting ketika berkendara pada kecepatan tinggi. Roda yang tidak seimbang dapat menyebabkan ketidakstabilan pada kendaraan. Akibatnya, mobil juga akan sulit untuk dikendalikan. 

Tentu saja hal ini sangat berbahaya. Putaran roda yang tidak seimbang, dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Terutama saat kalian harus melewati tikungan atau dalam situasi darurat dengan kecepatan tinggi.

4. Putaran Ban Jadi Terganggu

Apabila ban pada mobil tidak seimbang, maka tentu saja ada ketidaksamaan antara ban mobil di sisi kanan dan kiri. Hal ini disebabkan adanya keausan karena ban tidak rata. Sehingga putaran pada ban mobil juga tidak seimbang.

Jangan ragu untuk segera menyeimbangkan roda jika ini terjadi. Supaya perjalanan kalian jadi lancar dan tidak terhambat karena roda ban yang bermasalah.

BACA JUGA:Hal ini yang Sebabkan Ban Mobil Botak Sebelah

5. Kerusakan pada Suspensi

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: