12 Tanda AC Mobil Sedang Bermasalah

12 Tanda AC Mobil Sedang Bermasalah

Hal ini perlu diwaspadai karena bisa jadi ini karena adanya kerusakan di bagian magnetic clutch.

Jika Anda merasakan AC mengeluarkan suhu dingin ketika awal dihidupkan, lalu semakin lama mulai berkurang performanya, maka sebaiknya segera bawa dan periksakan mobil Anda ke bengkel.

Kerusakan dari komponen magnetic clutch bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada komponen prosesor.

Biasanya, solusinya adalah dengan mengganti bagian magnetic clutch yang rusak, sehingga performanya bisa kembali normal dan tidak menyebabkan kerusakan lainnya.

BACA JUGA:Ini Dia Cara Mengatasi Sensor Mobil yang Bunyi Terus! Mudah, kok!

• Terdengar Suara Berisik dari AC Mobil

Pertanda selanjutnya yang bisa Anda perhatikan yaitu jika ada suara berisik yang terdengar dari AC ketika dinyalakan. Suara berisik ini bisa jadi disebabkan oleh adanya kerusakan yang terjadi di bagian kompresor.

Dalam mengatasi masalah ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain bisa menambahkan oli untuk bagian kompresor atau mengganti bagian piston yang mulai rusak.

Jika AC sudah mengeluarkan bunyi yang terdengar aneh atau tidak wajar, maka sebaiknya Anda coba untuk mengurangi penggunaan AC supaya tidak bekerja terlalu keras.

• Katup Rusak atau Tidak Menutup secara Sempurna

Selanjutnya, kerusakan pada bagian AC juga bisa ditandai dengan katupnya mengalami kerusakan. Penyebab kondisi tersebut biasanya karena AC jarang dirawat dengan benar, misalnya jarang atau bahkan tidak pernah dibersihkan.

Jika hal ini terjadi, maka solusi yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membersihkan berbagai debu dan kotoran yang menempel, serta perlu juga untuk melakukan penyetelan ulang sehingga komponen tersebut bisa kembali normal.

BACA JUGA:Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mesin Mobil Jadi Kasar

• Ampere Kompresor Tidak Normal

Tanda berikutnya dari kerusakan AC bisa dilihat dari ampere kompresor, khususnya jika angkanya sudah terlalu tinggi.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: