Ini Dia Cara Mengatasi Sensor Mobil yang Bunyi Terus! Mudah, kok!

Ini Dia Cara Mengatasi Sensor Mobil yang Bunyi Terus! Mudah, kok!

Gangguan atau masalah pada sensor mobil juga dapat terjadi akibat kerusakan elektrifikasi atau instalasi pada sensor itu sendiri. Guna mengetahui apakah terjadi kerusakan pada instalasi sensor mobil, kalian harus melakukan pengecekan terhadap instalasi dari kabel-kabel yang ada pada sensor mobil. Bisa saja terdapat kabel-kabel yang rusak atau putus, sehingga membuat sensor mobil berbunyi tanpa henti dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Arus Listrik yang Tidak Tersalurkan dengan Baik

Komponen pada sensor yang dapat mengalami masalah dan membuat sensor berbunyi tanpa henti adalah bagian tegangan listrik. Kerusakan atau gangguan pada bagian tegangan listrik ini dapat membuat arus listrik tidak tersalurkan dengan baik sehingga menyebabkan sensor menjadi bermasalah. Kalian dapat melakukan pengecekan tegangan listrik dengan menggunakan alat pengukur untuk memastikan apakah terjadi masalah pada bagian tegangan listrik sensor.

Kerusakan pada Sensor ECU

Sensor mobil yang berbunyi secara terus-menerus juga dapat dipicu akibat elemen yang rusak. Salah satu elemen dari sensor mobil yang menyebabkan masalah ini adalah sensor ECU (Electronic Control Unit). Kerusakan pada elemen ini mengakibatkan sensor tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Guna mengetahui kerusakan elemen ini, kalian perlu melakukan uji coba terhadap modul atau sensor ECU, apakah fungsi sensor ECU masih berjalan dengan baik atau tidak. Jika elemen ECU tidak bekerja dengan lancar, dapat dipastikan elemen tersebut sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Cara Mengatasi Sensor Mobil yang Bunyi Terus

Berbagai penyebab dari bunyi yang terus-menerus muncul dari sensor mobil ini dapat diatasi dengan berbagai cara. Berikut beberapa cara atau solusi yang dapat kalian lakukan guna menangani masalah pada sensor mobil dan pastikan kalian melakukan cara-cara ini dengan benar dan tepat.

BACA JUGA:7 Penyebab Busi Terbakar, Simak Strategi Perbaikan yang Efektif

Membersihkan Sensor Mobil

Salah satu penyebab muncul bunyi secara terus-menerus pada sensor mobil adalah penumpukan kotoran yang menutupi sensor mobil. Kotoran yang menumpuk pada bagian sensor mobil dapat mengganggu deteksi sensor, sehingga kotoran yang menutupi sensor dianggap sebagai objek dalam jarak yang cukup dekat. Guna mengatasi masalah ini, kalian dapat membersihkannya secara menyeluruh terhadap semua elemen pada sensor mobil. Melalui pembersihan ini, setiap komponen dalam bagian sensor mobil akan berfungsi secara optimal dan sensor tidak akan berbunyi secara terus-menerus, serta mengganggumu lagi.

Membersihkan Sensor Mobil dari Air Hujan

Bukan hanya kotoran, air hujan juga dapat membuat sensor mobil menjadi bermasalah. Saat mobil terkena hujan, terdapat kemungkinan bahwa bagian dari sensor mobil terkena cipratan air. Jika cipratan air tersebut kotor, bisa saja berbagai jenis kotoran dan noda menempel pada bagian sensor mobil. Hal inilah yang dapat mengganggu deteksi sensor. Oleh karena itu, sebaiknya kalian membersihkan mobilmu setelah terkena hujan. Melalui cara ini, tidak akan ada kotoran yang menempel pada sensor mobil dan deteksi sensor dapat berfungsi dengan optimal.

Melakukan Pengecatan Body dengan Benar

Saat kalian sedang melakukan pengecatan pada body mobilmu, kalian harus memastikan bahwa pengecatan dilakukan dengan benar. Pasalnya, pengecatan yang tidak teliti atau asal-asalan dapat mengenai sensor mobil dan menciptakan gangguan pada sensor. Oleh karena itu, kalian harus memastikan bahwa pengecatan yang dilakukan dengan benar dan bukan asal semprot saja, apalagi hingga mengenai sensor mobil. Guna menghindari masalah ini, kalian juga bisa menutupi bagian sensor mobil dengan pelapis agar tidak terkena cat.

Menghindari Penyemprotan Bertekanan Tinggi

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: