Ini Dia Cara Mengatasi Sensor Mobil yang Bunyi Terus! Mudah, kok!

Ini Dia Cara Mengatasi Sensor Mobil yang Bunyi Terus! Mudah, kok!

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Seringkali, berbagai masalah pada komponen mobil terjadi. Penyebab terjadinya permasalahan pada komponen mobil ini adalah faktor usia yang sudah melebihi waktu pemakaian pada komponen, kerusakan komponen, korsleting, bahkan hingga penggunaan yang tidak wajar oleh pengemudi. Bukan hanya pada komponen utama mobil, komponen terkecil pada mobil juga dapat mengalami masalah. Tentu hal tersebut dapat menjadi permasalahan yang lebih fatal, kalau dibiarkan begitu saja.

Salah satu masalah yang cukup sering terjadi pada mobil adalah sensor mundur pada mobil. sensor pada mobil tersebut dapat mengalami masalah yang membuatnya berbunyi secara terus-menerus. Tentu, ada beberapa penyebab dari sensor mobil bunyi secara terus-menerus. Namun, tidak perlu khawatir karena masalah ini dapat kalian atasi dengan berbagai cara.

Lalu, apa saja penyebab yang membuat sensor mobil mengeluarkan bunyi terus-menerus? Apa solusi untuk permasalahan sensor mobil ini? Melalui artikel ini, Maybank Finance akan menjelaskannya lebih detail untukmu. Simak penjelasannya berikut ini!

BACA JUGA:Pasang Sensor Parkir Honda Brio Biar Enggak Deg-Degan Waktu Parkir

Apa yang Dimaksud dengan Sensor Mobil?

Mungkin kalian masih bingung dan bertanya-tanya dengan yang dimaksud sensor pada mobil. Apa itu sensor pada mobil? Sensor pada mobil ini adalah sebuah fitur sensor pada mobil yang berfungsi untuk membantu pengemudi mengetahui berbagai objek di sekitar mobil. Melalui fitur sensor ini, pengemudi dapat melakukan kendali atau parkir mundur dengan lebih mudah dan aman, karena pengemudi tidak perlu lagi memperkirakan jarak secara manual. Sensor mobil dapat membantu mengetahui objek-objek di sekitar bagian belakang mobil.

Teknologi ini sudah banyak diaplikasikan pada mobil-mobil yang beredar di pasaran saat ini. Namun, bukan berarti fitur modern ini tidak dapat mengalami masalah. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab atau pemicu sensor ini berbunyi terus-menerus.

Penyebab Sensor Mobil Berbunyi Terus-menerus

Sensor yang Tertutup Cat Body Mobil

Salah satu penyebab sensor mobil berbunyi terus-menerus adalah bagian sensor mobil yang tertutupi oleh cat body mobil. Hal ini sering terjadi pada mobil yang dicat ulang oleh pemiliknya. Pengecatan yang dilakukan dengan cara yang tidak benar atau asal-asalan dapat membuat bagian sensor tertutup oleh cat. Oleh karena hal inilah, fungsi deteksi pada sensor menjadi terganggu dan mengeluarkan bunyi terus-menerus.

Kondisi Sensor Mobil yang Kotor

Selain tertutup cat body mobil, sensor dapat berbunyi terus-menerus akibat kotoran yang menutupi sensor. Ya, kondisi sensor yang kotor menjadi salah satu penyebab utama dari permasalahan ini. Jika kondisi sensor mobil kotor, deteksi sensor dapat menjadi tidak maksimal atau mengalami gangguan. Noda atau kotoran yang menempel pada sensor akan terdeteksi sebagai objek yang berada dalam jarak dekat, sehingga diperingati dengan bunyi. Oleh karena itu, kalian harus memperhatikan kebersihan pada sensor mobil.

BACA JUGA:Ragam Jenis Kaca Mobil Unggulan dan Panduan Pemasangannya

Kerusakan pada Instalasi Sensor

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: