Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mesin Mobil Jadi Kasar

Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mesin Mobil Jadi Kasar

Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pemeriksaan bearing. Namun, komponen ini memiliki komposisi yang terbilang cukup rumit, serta jenisnya beragam sehingga sulit untuk ditangani oleh orang awam.

Maka dari itu, lakukan pemeriksaan ke bengkel supaya bisa mengetahui kerusakan secara lebih detail dan segera melakukan perbaikan.

BACA JUGA:5 Hal Ini Bisa Jadi Pemicu Mobil Menjadi Overheat, Simak!

Tips Perawatan untuk Mencegah Suara Mesin Mobil Kasar

Dibanding mengatasi kerusakan, memang lebih baik jika kalian bisa melakukan pencegahan supaya masalah ini tidak terjadi. Berikut adalah langkah-langkah perawatan yang bisa kalian lakukan secara mandiri:

1. Gunakan bahan bakar kendaraan sesuai dengan anjuran;

2. Gunakan oli mesin sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh kendaraan;

3. Periksalah bagian luar dari mesin mobil secara rutin;

4. Jaga kebersihan komponen AC, pastikan tidak ada kotoran atau debu yang menempel;

5. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap dudukan komponen, misalnya dudukan transmisi, dudukan komponen, serta dudukan suspensi.

Itulah penjelasan tentang apa saja yang bisa menjadi penyebab kasarnya suara mesin mobil. Lalu, berdasarkan penyebab tersebut, kalian bisa mengatasinya secara optimal dengan cara yang sudah dijelaskan di atas.

Selain itu, sudah dipaparkan juga beberapa tips penting untuk menjaga mobil supaya terhindar dari risiko kerusakan pada mesin yang membuatnya mengeluarkan suara kasar atau bising.

Setelah membaca informasi tentang penyebab dan cara mengatasi suara mesin mobil kasar, maka seharusnya kini kalian lebih siap dalam melakukan perawatan mobil secara optimal. 

 

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: