Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mesin Mobil Jadi Kasar

Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mesin Mobil Jadi Kasar

JAKARTA,OTOMOTIFXTRA.COM - Perawatan mobil merupakan salah satu langkah penting untuk menjaga kualitas dan performa kendaraan. Namun, seringkali terjadi berbagai permasalahan di mesin mobil, salah satunya suara mesin mobil kasar.

Padahal, salah satu tanda bahwa mesin mobil terawat dengan baik adalah ketika suara tarikannya terbilang halus. Maka dari itu, jika sudah terdengar kasar, Anda perlu mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya, ada berbagai penyebab dari masalah kendaraan yang satu ini, sehingga Anda perlu mencari tahu penyebab ini terlebih dahulu jika ingin mengatasinya. Ketika titik masalah sudah terlihat, maka Anda bisa melakukan tindakan untuk menyelesaikan hal tersebut.

BACA JUGA:Periksa Komponen ini Jika Mesin Mobil Keluarkan Suara Kasar saat Dinyalakan

• Kurang Oli pada Bagian Mesin

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab kasarnya suara mesin mobil yaitu karena ada masalah dengan pelumas atau oli mesinnya.

Jika oli mesin sudah berkurang atau menurun kualitasnya, maka hal tersebut dapat berdampak pada performa oli yang menjadi kurang maksimal.

Padahal, oli memainkan peran sangat penting di sini dalam mencegah terjadinya gesekan berlebihan pada berbagai komponen mesin.

Maka dari itu, ketika olinya kurang, maka dampak gesekannya pun akan menjadi semakin besar. Hal tersebut yang kemudian membuat mesin mobil menjadi bersuara kasar atau berisik.

BACA JUGA:Ini 7 Konsekuensi Mobil yang Mulai Kehabisan Air Radiator

Kurangnya oli atau menurunnya kualitas oli ini tentunya disebabkan karena oli yang jarang diganti, sehingga menjadi kotor dan sudah tidak layak lagi untuk tetap dipakai.

Solusi untuk masalah ini yaitu segera lakukan penggantian oli mesin, jangan paksakan oli yang sudah tidak layak pakai tetap bekerja dengan hasil yang kurang maksimal. 

Hal lain yang penting untuk diperhatikan dalam hal ini yaitu pentingnya melakukan pengecekan dan penggantian oli secara rutin. Anda bisa mengecek oli dengan melihat bagian dipstik yang berada di tangki oli.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: