Ingat Jarak Aman Saat Berkendara Sesuai Peraturan Resmi, Simak Tipsnya

Ingat Jarak Aman Saat Berkendara Sesuai Peraturan Resmi, Simak Tipsnya

Selalu sesuaikan kecepatan Anda dengan kondisi lalu lintas dan cuaca. Jangan berkendara terlalu cepat sehingga sulit untuk menjaga jarak aman.

BACA JUGA:10 Panduan Keselamatan Bonceng Anak di Sepeda Motor, Jangan Anggap Sepele!

4. Hindari Mengikuti Terlalu Dekat

Hindari mengikuti kendaraan di depan terlalu dekat, terutama dalam kecepatan tinggi. Ini memberikan waktu reaksi yang lebih banyak jika kendaraan di depan melakukan manuver yang tidak terduga.

5. Perhatikan Kondisi Jalan

Jaga jarak ekstra saat mengemudi dalam kondisi cuaca buruk atau ketika kondisi jalan tidak baik. Misalnya, saat hujan atau salju, jarak pengereman bisa menjadi lebih panjang.

BACA JUGA:9 Perlengkapan yang Wajib Dipersiapkan Saat Berkendara Motor di Musim Hujan, Anti Basah!

6. Gunakan Sinyal

Selalu gunakan lampu sein dengan benar untuk memberi tahu pengemudi di belakang Anda tentang niat Anda untuk berubah jalur atau keluar dari jalan.

7. Hindari Distraction

Hindari penggunaan ponsel atau aktivitas lain yang dapat mengalihkan perhatian Anda dari jalan. Fokus penuh pada mengemudi membantu Anda lebih responsif terhadap perubahan kondisi di sekitar.

8. Berikan Ruang untuk Manuver

Jangan blokir jalur atau membuat pengemudi lain sulit untuk bermanuver. Berikan ruang yang cukup untuk kendaraan di sekitar Anda.

9. Berlatih Keterampilan Pengereman

Pahami seberapa cepat kendaraan Anda dapat berhenti dalam berbagai kondisi. Ini akan membantu Anda merencanakan dan menjaga jarak yang aman.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: