Hal Wajib yang Dilakukan Saat Touring Motor Bareng Club, Biar Makin Asik

Hal Wajib yang Dilakukan Saat Touring Motor Bareng Club, Biar Makin Asik

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Touring menjadi salah satu kegiatan yang sangat digemari oleh para biker. Aktivitas ini kerap dijadikan momentum berkumpulnya anggota komunitas.

Wajar bila mereka melakukan touring secara berkelompok ke berbagai tujuan, baik itu yang bersifat perjalanan jarak dekat maupun jauh.

Meski menyenangkan, touring secara berkelompok atau rombongan tanpa disadari bisa mengganggu hak pengguna jalan lain dan punya potensi risiko terjadinya kecelakaan.

BACA JUGA:Simak Cara Merawat Mobil Tua dengan Benar

Terutama jika anggotanya bersikap arogan serta tidak mengindahkan prinsip keselamatan dalam berkendara.

Maka dari itu, penting bagi para biker untuk lebih memahami tata cara berkendara ketika berkelompok, sehingga perjalanan yang dilakukan bisa berlangsung dengan lancar dan aman.

Ada beberapa hal wajib yang perlu dilakukan ketika melakukan touring berkelompok

1. Rencanakan Rute

Sebelum perjalanan dimulai, buatlah rencana rute yang jelas. Pilih destinasi, berhenti di titik-titik penting, dan tentukan jarak yang akan ditempuh setiap hari. Ini akan membantu menghindari bingung di jalan.

BACA JUGA:Tips dan Trik Membeli Mobil Bekas yang Belum Banyak Orang Tahu!

2. Komunikasi yang Baik

Pastikan semua peserta dalam kelompok memiliki sarana komunikasi yang efektif, seperti walkie-talkie atau aplikasi pesan. Ini akan membantu dalam hal koordinasi dan berbagi informasi sepanjang perjalanan.

3. Aturan Keselamatan

Tetapkan aturan keselamatan yang harus diikuti oleh semua peserta, seperti mengenakan perlengkapan pelindung (helm, jaket, sarung tangan, sepatu), menjaga jarak aman antar kendaraan, dan mematuhi batas kecepatan.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: