Knalpot Mobil Keluar Air? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Knalpot Mobil Keluar Air? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Lantas apa saja hal tersebut? Untuk mengetahuinya, Anda bisa simak beberapa penyebab knalpot keluar air di bawah ini.

Suhu Dingin

Saat suhu yang ada di sekitar mobil terlalu dingin, maka bisa menyebabkan knalpot keluar air. Pada umumnya, hal ini terjadi apabila Anda ada di wilayah pegunungan yang terkenal dengan suhu dinginnya.

Apabila Anda membawa mobil ke daerah yang panas atau hawa udaranya meningkat, maka bukan hanya air saja yang menetes, melainkan juga keluar asap. Jika jumlahnya masih terbilang wajar, maka Anda tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

BACA JUGA:Jangan Sampai Keliru, Inilah 5 Tips Memilih Motor Listrik yang Baik

Akan tetapi jika jumlahnya berlebihan, Anda harus waspada dan berhati-hati sebelum menggunakan mobil. Jangan sampai Anda membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain karena keteledoran.

Ada Catalytic Converter di Mesin Mobil

Penyebab knalpot di mobil keluar air berikutnya yakni karena ada catalytic converter di bagian mesinnya. Kondisi tersebut bisa membuat mesin menghasilkan gas karbondioksida.

Gas beracun ini keluar lewat pipa pembuangan dengan volume yang berkurang. Ketika sisa gas keluar dan terkena suhu dingin, seketika berubah jadi tetesan air. Hal inilah yang membuat knalpot keluar air.

BACA JUGA:Stiker di Kaca Mobil Susah Hilang? Ini Cara Bersihkannya dengan Mudah, Cukup 2 Metode Sob!

Embun yang Terperangkap

Embun yang terperangkap di knalpot mobil juga bisa membuat komponen tersebut keluar air. Ketika mesin sedang Anda panaskan, embun yang terperangkap bisa terdorong keluar.

Hal tersebut menyebabkan keluarnya tetesan air melalui knalpot. Pada umumnya, masalah ini bisa semakin berpeluang tinggi terjadi setelah menerabas hujan atau melewati genangan air.

Piston Rusak

Knalpot keluar air juga bisa karena adanya kerusakan di bagian piston mobil. Penyebab yang satu ini semakin kuat apabila juga ada tanda lanjutan berupa tercium bau tidak sedap seperti hangus atau terbakar dari bagian knalpot.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: