Perlu Tau! Ada 5 Perbedaan Ban Motor Listrik Vs Motor Konvensional, Nomor 4 Paling Penting Sob

Perlu Tau! Ada 5 Perbedaan Ban Motor Listrik Vs Motor Konvensional, Nomor 4 Paling Penting Sob

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM --- Perkembangan teknologi kendaraan listrik telah menghadirkan berbagai perubahan dalam desain dan komponen kendaraan, termasuk pada sistem ban.

Ban motor listrik dan motor konvensional memiliki perbedaan dalam beberapa aspek yang memengaruhi kinerja dan pengalaman berkendara.

Buat tambahan informasi, berikut ini adalah beberapa perbedaan utama antara kedua jenis ban ini pada roda motor listrik dan motor konvensional berbahan bakar bensin:

1. Ruang Penampang dan Bentuk

Ban motor listrik biasanya memiliki ruang penampang yang lebih lebar dan proporsi lebih tinggi dibandingkan dengan ban motor konvensional.

BACA JUGA:Simpel! Begini Cara Merawat Mobil Antik 'Peliharaan' Anda, Nilai Keantikan Tetap Terjaga

Desain ini bertujuan untuk meningkatkan area kontak dengan permukaan jalan, sehingga memperbaiki traksi dan stabilitas saat akselerasi dan pengereman pada kendaraan listrik.

2. Kekuatan Konstruksi

Ban motor listrik seringkali menggunakan konstruksi yang lebih kuat dan tahan lama. Hal ini dikarenakan kendaraan listrik cenderung memiliki torsi yang lebih tinggi pada putaran rendah dan merasakan tarikan langsung dari motor listrik. Sehingga, ban motor listrik perlu mampu menahan tekanan dan beban lebih baik daripada ban motor konvensional.

BACA JUGA:Manfaat Servis Rem Mobil Secara Rutin untuk Keselamatan dan Kinerja Optimal

BACA JUGA:Mitos atau Fakta, Motor 2 Tak Gak Boleh Engine Brake, Bisa Bikin Mesin Rusak

3. Komponen dalam Ban

Ban motor listrik seringkali dilengkapi dengan sensor untuk memantau tekanan dan suhu ban secara real-time. Informasi ini dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen kendaraan untuk memberikan data penting mengenai kinerja ban dan memperingatkan pengendara jika ada potensi masalah pada ban.

4. Daya Tahan

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber