Tebongkar! Nih, 4 Kiat Tepat Merawat Ban Motor agar Tetap Awet dan Tahan Lama: Peduli Lingkungan dan Keamanan Berkendara

Tebongkar! Nih, 4 Kiat Tepat Merawat Ban Motor agar Tetap Awet dan Tahan Lama: Peduli Lingkungan dan Keamanan Berkendara

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM --- Ban merupakan salah satu komponen paling vital dalam kendaraan motor. Merawat ban motor dengan baik tidak hanya meningkatkan umur pakainya, tetapi juga memastikan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Dalam upaya untuk peduli lingkungan dan mengoptimalkan investasi di kendaraan bermotor, berikut adalah beberapa kiat merawat ban motor agar tetap awet dan tahan lama.

1. Periksa Tekanan Ban Secara Berkala:

Pastikan untuk memeriksa tekanan udara ban secara berkala, setidaknya satu kali dalam sebulan atau sebelum perjalanan jauh. Ban dengan tekanan kurang dari yang disarankan akan menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dan dapat mengurangi umur pakai ban.

2. Hindari Overloading:

Jangan melebihi batas muatan yang ditentukan oleh pabrikan pada ban dan kendaraan Anda. Overloading dapat menyebabkan keausan tidak merata pada ban dan mengurangi daya cengkeramnya.

BACA JUGA:Spektakuler! Aksi 5 Kendaraan di Mission: Impossible - Dead Reckoning ini Bikin Warganet Kagum, Salah Satunya BMW i8 Roadster

BACA JUGA:Estimasi Biaya Perbaikan Motor Listrik yang Ramah Lingkungan

3. Lakukan Perataan Ban (Balancing):

Ban yang tidak seimbang dapat menyebabkan getaran yang tidak nyaman saat berkendara. Pastikan ban Anda dilakukan perataan ban secara berkala untuk memastikan keseimbangan yang optimal.

4.Perhatikan Perawatan Lainnya:

Selain merawat ban, lakukan perawatan rutin untuk motor secara keseluruhan, seperti pergantian oli, periksa rantai, dan pemeriksaan komponen lainnya. Perawatan menyeluruh akan membantu menjaga kondisi motor dalam keadaan optimal.


Perawatan secara berkala pada ban motor Anda, dapat memperpanjang umur pakai dan pastinya kenyamanan serta keselamtan berkendara | Foto: Michelin-michelin.co.id

Ingatlah bahwa ban motor yang terawat dengan baik adalah investasi jangka panjang bagi keselamatan Anda dan juga kontribusi positif dalam menjaga lingkungan.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber