Panduan Praktis Menjaga Kesehatan Motor, Simak 6 Tips Terbaik

Panduan Praktis Menjaga Kesehatan Motor, Simak 6 Tips Terbaik

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Merawat motor sebetulnya bukanlah tugas yang sulit. Namun, karena banyak orang yang sibuk dengan aktivitas lain, perawatan motor seringkali diabaikan.

Padahal, dengan merawat motor secara tepat, Anda dapat mengurangi frekuensi servis dan menjaga performa motor tetap prima. Pemeriksaan berkala menjadi langkah penting untuk mencapai hal tersebut.

Selain itu, biaya untuk servis dan perawatan motor tidak dapat dianggap remeh, bahkan bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah! Untuk menghindari servis yang sering, berikut adalah 6 tips yang perlu Anda ketahui:

BACA JUGA:Panduan Lengkap Memahami Bahasa Simbol di Dashboard Mobil

Pantau Kondisi Oli secara Berkala:

Oli berfungsi sebagai pelumas untuk komponen mesin, mencegah keausan akibat gesekan. Selain itu, oli juga berperan sebagai pencegah karat dan pendingin. Periksa kondisi oli secara rutin, dan ganti jika kekentalannya berkurang atau warnanya menghitam.

Perhatikan Kekencangan Rantai Motor:

Rantai merupakan komponen penting yang menghubungkan mesin dan roda, memungkinkan gerakan. Cek kekencangannya secara berkala dan bersihkan dari karat. Gunakan oli khusus rantai untuk perawatan yang lebih baik.

Selalu Cek Kondisi Aki:

Jaga arus listrik pada aki dengan melakukan pemeriksaan secara teratur, idealnya tidak lebih dari 2 minggu. Mengabaikan kondisi aki dapat mempercepat kerusakan pada sel aki dan komponen lainnya.

BACA JUGA:Ingat Jarak Aman Saat Berkendara Sesuai Peraturan Resmi, Simak Tipsnya

Periksa Kualitas Busi secara Rutin:

Meskipun kecil, busi memiliki peran penting dalam memantik api pada ruang pembakaran motor. Mengecek kondisi busi secara berkala sangat penting. Gantilah busi setelah menempuh jarak 12.000 kilometer.

Ganti Roda Gigi yang Tumpul:

Sumber: