SKF Indonesia Dukung Generasi Muda Ciptakan Mobil Hemat Energi

Sabtu 20-08-2022,22:09 WIB
Reporter : Denny Firmansyah
Editor : Denny Firmansyah


PT SKF Indonesia terus berkomitmen mendukung generasi muda ciptakan kendaraan hemat energi. |Foto: dok. OtomotifXtra/Denny|

TANGERANG, OTOMOTIFXTRA - PT SKF Indonesia, perusahan asal Swedia, terus berkomitmen mendukung generasi muda untuk menciptakan kendaraan yang hemat energi dan inovatif.

Kali ini, perusahaan yang bergerak di industri bearing untuk kendaraan roda dua dan roda empat ini memberi dukungan langsung kepada 5 universitas negeri di Indonesia berkompetisi merancang mobil hemat energi.

Kelima kampus tersebut, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Institut Teknik Bandung dan Institut Teknik Sepuluh Nopember.

Mereka bertarung dalam ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) yang dilaksanakan secara nasional dan kompetisi Shell Eco Marathon yang diikuti peserta seluruh Asia.

BACA JUGA:Intip Spesifikasi Hino Ranger FLX 280 JW yang Mejeng di GIIAS 2022


SKF mengajak para mahasiswa menunjukkan inovasinya hadir di GIIAS 2022. |Foto: dok. OtomotifXtra/Denny|

Application Engineer PT SKF Indonesia, Muhammad Abiyyu Hanif, menjelaskan, bahw bentuk dukungan dari perusahaan kepada 5 universitas negeri antara lain komponen bearing dan dari sisi financial.

"Bentuk dukungan yang kita berikan antara lain dari sisi finansial dan memberikan bearing prototipe sesuai permintaan (by request)," pungkas Bayu saat ditemui di GIIAS 2022, Sabtu (20/8).

BACA JUGA:Berbagai Fasilitas Gratis yang Tersedia di GIIAS 2022, Ada Apa Saja?

Lebih jauh ia mengungkapkan, bila produk bearing yang dihadirkan merupakan komponen prototipe yang dibuat khusus untuk para mahasiswa.

"Nanti teman-teman mahasiswa dari masing-masing tim yang request ke kita, mereka punya ide dan rancangan sendiri. Jadi kita support apa yang mereka mau," ungkapnya.


Berbagai model bearing yang diproduksi SKF.|Foto: dok. OtomotifXtra/Denny|

Secara komposisi, dijelaskan dia, kalau produk prototipe ini sudah menggunakan bahan yang berbeda dengan produk kebanyakan yang ada di pasaran. Yakni bearing yang terbuat dari ceramic ball dengan spesifikasi khusus.

"Bedanya dengan kendaraan lain, untuk produk ini mereka mencari bearing yang low friction karena mereka menggunakan bahan ceramic ball. Jadi dengan kata lain, perbedaannya mereka diproduksi custom dibandingkan produk biasanya," terangnya.

Kategori :