Punya Xpander Cross Tak Khawatir Harga BBM Naik, Kuncinya Dua Fitur Ini

Punya Xpander Cross Tak Khawatir Harga BBM Naik, Kuncinya Dua Fitur Ini

"Itu karena kelasnya Small MPV jadi tidak bisa taruh luxurious feature, seperti Adaptif Cruise Control yang complicated. Cruise Control standar, walau kecepatan bisa di-lock, tapi driver awarenes harus tetap ada," tandasnya.

+++++


Mitsubishi Xpander Cross punya fitur canggih yang bisa irit BBM.|Foto: dok. OtomotifXtra/Denny|

Di sisi lain, salah satu pemilik Xpander, Sonny, membeberkan kelebihan menggunakan fitur Eco Indicator dan fitur Cruise Control pada mobilnya.

"Untuk fitur Eco dan Cruise Control ini sangat membantu di tengah kenaikan harga BBM, bisa jauh lebih irit pengeluaran. Bahkan, ketika berkendara dengan menggunakan fitur tersebut, konsumsi BBM bisa mencapai 16 km per liter. Menurut saya itu sudah sangat irit," ungkapnya saat dihubungi, Rabu (28/9).

Selain memanfaatkan fitur Eco Indicator, Mitsubishi juga membagikan beberapa tips untuk menerapkan eco driving agar konsumsi BBM jadi lebih irit, seperti tidak perlu memanaskan mesin, mengurangi pengggunaan AC dan tidak melakukan akselerasi tiba-tiba.

Perlu diketahui, selain dua fitur andalan Xpander Cross, perilaku pengemudi saat berkendara juga jadi nilai lebih untuk bisa lebih efisiensi bahan bakar.

Pengemudi juga harus menjaga kecepatan konstan, memanfaatkan engine brake, memeriksa tekanan angin ban dan menggunakan bahan bakar yang sesuai rekomendasi.

BACA JUGA:Mitsubishi Tawarkan Program Service September Ceria, Berlimpah Promonya

BACA JUGA:Xpander dan Xpander Cross Dominasi Jualan Mitsubishi di GIIAS 2022

Berikut ini sejumlah tips buat pengemudi bisa menerapkan gaya berkendara ala Eco Driving yang dirangkum dari laman Mitsubishi Motors Indonesia.

1. Tidak memanaskan mesin mobil terlalu lama. Cukup tunggu jarum penunjuk suhu mesin bergerak, maka mobil sudah bisa dijalankan.

2. Meski menjadi syarat utama kenyamanan di dalam kabin mobil, tapi nyatanya penggunaan AC diimbau jangan berlebihan seperti menyetel suhu terdingin (18 derajat celcius) terus-menerus.

Aturlah suhu kabin hingga sekira 25 derajat celcius agar kerja kompresor tidak terlalu membebani mesin.

3. Menginjak pedal gas secara perlahan sangat disarankan demi mengirit konsumsi BBM terutama dari kondisi mobil diam.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: