Tak Terduga! Ternyata Fungsi Flushing Saat Ganti Oli pada Kendaraan Sangat Penting, Salah Satunya Bikin Tarikan Mesin Enteng?

Tak Terduga! Ternyata Fungsi Flushing Saat Ganti Oli pada Kendaraan Sangat Penting, Salah Satunya Bikin Tarikan Mesin Enteng?

Pastinya, dengan flushing, bagian chamber oli bisa benar-benar bersih. Oli yang baru tidak akan terkontaminasi dengan sisa-sisa oli lama. Sehingga kualitasnya tidak menurun.

+++++

"Hal itu penting. Karena kalau oli sampai bercampur, dikhawatirkan menimbulkan dampak buruk pada kinerja mesin kendaraan," terang Edyanto, mekanik bengkel umum mobil Inti Teknik di kawasan Tangerang, Banten.

Terlebih, masih menurut Edyanto, setiap oli mesin kendaraan punya spesifikasi teknis dan komposisi bahan-bahan berbeda yang belum tentu cocok dengan mesin mobil Anda.

Maka dari itu pula, Edy - begitu biasa mekanik asal Tegal, Jateng ini dipanggil - mewanti konsumennya agar tidak mencampur oli mesin dengan berbeda merek.  

Pertanyaan berikutnya, kapan Anda harus melakukan flushing pada kendaraan agar kinerja mesin tetap prima?

BACA JUGA:Tips Agar Suhu di Kabin Dingin Maksimal, Nih Ikuti Cara Mengoperasikan AC Mobil yang Baik dan Benar, Simpel Sob!

BACA JUGA:Bamsoet Boyong 2 Unit MG 5 GT, Pilihan Warnanya Jadi Pusat Perhatian

"Sebaiknya dilakukan setiap kali saat mengganti oli. Patokannya, mengikuti siklus perawatan kendaraan kita," anjur Edy.

Selain itu, flushing juga bisa membuat takaran pelumas sesuai dengan ukuran atau volume mesin. Sehingga volume oli di dalam mesin tidak berlebihan.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber