Soal Video Viral Pemotor Kawal Ambulance di Tilang Polisi, Dirgakum Korlantas Polri: Baiknya Polisi Dilapangan Tidak Menilang Pemotor Tersebut

Soal Video Viral Pemotor Kawal Ambulance di Tilang Polisi, Dirgakum Korlantas Polri: Baiknya Polisi Dilapangan Tidak Menilang Pemotor Tersebut

Selanjutnya…

 

+++++

@sennulvc

GK ada lagi yg namanya saling bantu oke. ♬ suara asli - Sennu

“Sebenarnya ya polisi kan ada prioritas ya. Mungkin pada saat itu masyarakat punya inisiatif untuk mengawal, karena dalam situasi macet mungkin ya, situasi yang sangat crowded,” kata Aan.

Namun, menurut dia, polisi seharusnya lebih peka dengan situasi di lapangan saat mengambil keputusan.

“Pada situasi kapan harus menilang. Kan kalau dalam keadaan macet pun kita beri diskresi untuk tidak disetop, tidak ditilang. Karena prioritasnya,” kata Aan.

Agar kejadian serupa tidak kembali terulang, menurut Aan, masyarakat harus memahami bahwa sesuai dengan undang-undang.

Ambulance yang sedang membawa pasien atau jenazah, termasuk salah satu kendaraan yang mendapatkan prioritas di jalan. Sehingga, harus tetap harus diberikan jalan dan didahulukan.

BACA JUGA:Nyaris saja Viral di TikTok Lelaki Naik Motor Suzuki Shogun Butut Dicuekin Cewek Gebetannya, Ada Link Gamger nya loh

Namun demikian, apabila keadaan jalan memang macet total dan situasinya darurat, maka masyarakat dapat meminta bantuan polisi.

“Kalau ada kasus seperti itu, silakan (hubungi polisi). Masyarakat yang membutuhkan pengawalan tersebut silakan minta bantuan polisi,” kata Aan.

“Kadang (jalanan) sudah crowded sekali, sudah tidak bisa bergerak sama sekali, ya silakan menghubungi polisi terdekat untuk minta dibukakan jalan, kalau itu emergency; bawa orang sakit dan sebagainya,” jelas Aan.

 

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: korlantas.polri.go.id