Kok Bisa Knalpot Motor Keluar Asap Putih? Ternyata Ini 3 Penyebabnya Sob!

Kok Bisa Knalpot Motor Keluar Asap Putih? Ternyata Ini 3 Penyebabnya Sob!

3 Penyebab Motor Keluar Asap Putih-freepik-freepik

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Memanaskan kendaraan merupakan salah satu langkah perawatan yang perlu dilakukan secara rutin, bahkan sebelum kendaraan melenggang di jalanan. 

Namun dalam beberapa kasus, kendaraan akan mengeluarkan kepulan asap putih ketika kalian mencoba mengatur gas hingga maksimal. 

Mengapa motor keluar asap putih saat rpm tinggi? Ketahui jawabannya di sini. 

BACA JUGA:Wow! Motor Baru Dishub DKI Serharga Rp6,3 Miliar Punya Power 100 HP Sob

1. Masalah Pada Ring Piston  

Bagi pengendara yang awam terhadap dunia otomotif, akan panik dan gelisah ketika mendapati kendaraannya mengeluarkan kepulan asap putih membumbung tinggi. 

Hanya saja asap tersebut akan muncul ketika gas ditekan penuh, namun akan menghilang ketika kalian membiarkan mesinnya dalam keadaan diam.

Uniknya, asap tersebut akan kembali muncul ketika kalian mencoba menekan gas hingga menunjukkan rpm tinggi. Sebenarnya apa yang terjadi? 

Kondisi tersebut dapat terjadi akibat beberapa faktor, salah satunya karena adanya masalah pada ring piston kendaraaan yang membuat oli secara tidak sengaja masuk ke ruang bakar.

BACA JUGA:Veloz vs Avanza, Mana Mobil yang Lebih Keren?

Hal ini terjadi akibat ring piston mulai melemah hingga mengakibatkan performanya mengalami penurunan. 

Melemahnya piston dapat terjadi karena kumpulan kerak yang berasal dari sisa pembakaran kurang sempurna atau berasal dari penumpukan kotoran yang membuat piston kaku ketika digerakkan, sehingga tidak heran jika motor keluar asap putih saat rpm tinggi. 

2. Pemasangan Ring Piston Kurang Tepat

Salah satu penyebab lain mengapa mesin kendaraan mengeluarkan kepulan asap berwarna putih ketika di gas, adalah pemasangan ring piston yang kurang tepat. 

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait