Inilah 6 Tanda Platina Mobil yang Sudah Mulai Rusak, Ganti Sob!

Inilah 6 Tanda Platina Mobil yang Sudah Mulai Rusak, Ganti Sob!

6 Tanda platina Yang Rusak Pada Mobil-peoplecreations -freepik

Jika celah terlalu kecil saat platina membuka arus listrik induksi primer, perubahan itu bisa memicu kemagnetan kecil sehingga menyebabkan sudut dwell besar.

Platina menutup lebih lama dari seharusnya, dampaknya koil jadi panas dan induksinya melemah. 

BACA JUGA:Hasil Ngebut di GP Australia, Klasemen Sementara Pembalap F1 2024

Hal sebaliknya, jika celah terlalu besar, maka menyebabkan sudut dwell kecil.

Waktu platina menutup jadi lebih singkat, arus primer yang mengalir jadi kecil, induksi yang dihasilkan pun tak sesuai dengan kebutuhan sistem perapian. 

6. Kabel platina rusak dan kotor 

Akibat isolator kabel platina rusak, arus primer tetap mengalir tapi tidak ada induksi pada koil.

Sehingga tak akan ada api busi, mesin mati dan koil jadi panas. 

Begitu juga jika kabelnya tersumbat kotoran.

Hal itu membuat tidak adanya arus primer yang mengalir, nggak ada kemagnetan, nggak ada induksi, nggak ada percikan api, hingga mesin nggak bisa nyala. Kemudian masih ada beberapa penyebab lain seperti nepel aki kendor, koil short, koil racing, kondensor kurang bagus, sehingga menyebabkan tegangan lebih tinggi dari yang dibutuhkan yang memicu platina terbakar atau hangus. 

Lebih lanjut, untuk mengatasi dan mencegah kerusakan platina, kalian harus melakukan perawatan di bengkel secara berkala.

Biasanya setelah pemakaian 5000 km, setelan platina dapat berubah dan fungsinya tidak optimal.

Lakukan beberapa perawatan seperti cek filter udara, filter bensin, bersihkan busi, stel platina dengan tepat hingga membersihkan kabel busi. 

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait