Catat Nih Perbedaan Torsi dan Horse Power Pada Mobil, Masih Banyak yang Keliru

Catat Nih Perbedaan Torsi dan Horse Power Pada Mobil, Masih Banyak yang Keliru

Bagaimana cara menghitung horsepower?

Konsepnya, mesin yang memiliki torsi lebih besar cenderung memiliki tenaga yang lebih besar, mengingat rumus perhitungan tenaga (horsepower) adalah horsepower = torsi x rpm x 5.252. Namun, perlu dicatat bahwa banyak mesin dengan torsi besar tidak diatur untuk beroperasi dengan putaran (rpm) yang tinggi.

Apa yang dimaksud dengan torsi maksimum?

Torsi puncak, atau yang sering disebut sebagai torsi maksimum, merujuk pada nilai tertinggi dari torsi yang dapat dihasilkan oleh mesin mobil pada putaran mesin tertentu.

BACA JUGA:Pahami! Ini Fungsi Oli Transmisi Manual dan Kapan Harus Diganti

Puncak torsi biasanya tercapai pada putaran mesin yang lebih tinggi, seperti yang sering terjadi pada mobil sport atau mobil balap.

Nah itu dia sahabat, informasi lengkap mengenai perbedaan torsi dan Horse Power dalam dunia otomotif.

Tentunya, sebagai pemilik kendaraan yang baik, tidak ada salahnya bagi kalian untuk memahami definisi tersebut. Pasalnya, hal tersebut pastinya akan menambah pengetahuan tentang otomotif dan suatu saat nanti pasti berguna.

Selain mencari tahu tentang kedua aspek tersebut, akan lebih baik lagi jika nantinya kalian juga mengerti tentang aspek-aspek penting lain pada kendaraan. Dengan begitu, kalian dapat lebih mengenal kendaraan yang dimiliki.

Berdasarkan ulasan di atas, perbedaan torsi dan horse power mempunyai perbedaan mendasar terhadap performa. Torsi mempunyai peranan terhadap kekuatan kendaraan, sementara Horse Power berkaitan dengan kemampuan kendaraan dalam mencapai kecepatan tinggi.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait