Ternyata Ini Sob Fungsi Kepala Silinder dan Komponennya

Ternyata Ini Sob Fungsi Kepala Silinder dan Komponennya

Proses pembakaran pada mesin mobil terjadi saat piston mencapai titik mati atas (TMA).

BACA JUGA:Yuk Kita Mengenal Lebih Dekat Sob, Tentang Throttle Position

Kondisi tersebut berarti campuran udara dan bahan bakar telah terkompresi pada coakan kepala silinder, sehingga piston otomatis terdorong terus ke bawah.

• Tempat Mekanisme Katup

Fungsi kepala silinder selanjutnya adalah sebagai tempat mekanisme katup (valve).

Dalam hal ini kepala silinder dapat mengatur waktu tertutup dan terbukanya katup-katup.

Komponen mekanisme katup berbeda-beda tergantung mesin yang digunakan.

BACA JUGA:Motor Kalian Ketinggian? Pakai 4 Cara Ini Aja Sob, Di Jamin Engga JinJit Club

Pada umumnya, beberapa komponen dalam kepala silinder ini dapat membantu mekanisme katup.

Yang pertama yaitu camshaft sebagai poros penghubung untuk menggerakkan katup, rocker shaft sebagai pelatuk atau poros dudukan rocker arm (pelatuk untuk menekan katup).

Komponen berikutnya adalah valve intake dan valve exhaust, yaitu katup untuk saluran intake (masuknya bahan bakar di ruang pembakaran) serta exhaust (keluarnya asap pembakaran).

Yang terakhir adalah valve spring sebagai pegas pengembali katup.

BACA JUGA:Kalian Sering bingung? Yuk di Simak Sob, Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah

• Sebagai Saluran Intake dan Exhaust

Kegunaan berikutnya adalah sebagai saluran intake dan exhaust.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait