Begini 5 Cara Cek Aki Mobil yang Benar, Anti Asal-asalan!

Begini 5 Cara Cek Aki Mobil yang Benar, Anti Asal-asalan!

BACA JUGA:Apa Itu RPM Mobil? Yuk, Kita Ulas Lebih Dalam

Tanda Umum Aki Mobil Anda Lemah

Cek aki mobil dan kenali tanda-tanda di bawah ini agar Anda dapat mengambil tindakan sebelum aki benar-benar mati dan menyebabkan masalah yang lebih besar.

1. Kesulitan Menghidupkan Mesin Mobil

Jika Anda perlu memutar kunci beberapa kali sebelum mesin mulai, atau jika mesin berputar lambat saat Anda mencoba untuk memulainya, ini bisa menjadi tanda bahwa aki tidak memiliki daya yang cukup untuk memulai mesin. 

Ini bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk aki yang sudah tua, aki yang tidak terisi penuh, atau masalah dengan sistem pengisian.

2. Suara Klakson Kurang Berbunyi

Klakson yang berbunyi lemah bisa menjadi tanda bahwa aki tidak menghasilkan cukup daya. Soalnya, klakson mobil menggunakan daya dari aki untuk menghasilkan suara.

Namun, ada juga banyak faktor lain yang bisa menyebabkan klakson berbunyi lemah, termasuk masalah dengan klakson itu sendiri atau dengan koneksi listrik ke klakson.

BACA JUGA:Apa Itu RPM Mobil? Yuk, Kita Ulas Lebih Dalam

3. Terdeteksi Bau Tak Sedap

Bau asam atau bau terbakar dari aki bisa menjadi tanda bahwa aki bermasalah. Ini bisa disebabkan oleh kerusakan internal atau kebocoran. 

Jika Anda mencium bau seperti ini, sebaiknya periksa aki Anda segera. Jika aki bocor, asam sulfat bisa merusak komponen lain di sekitar aki dan bisa menjadi bahaya bagi Anda dan penumpang lainnya.

4. Pencahayaan Kendaraan Redup

Lampu mobil, termasuk lampu depan, lampu belakang, dan lampu dalam, semua mendapatkan daya dari aki.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait