Inilah Tanda-anda Transmisi Mobil Mulai Bermasalah, Begini Cara Mengatasinya

Inilah Tanda-anda Transmisi Mobil Mulai Bermasalah, Begini Cara Mengatasinya

3. Injaklah Kopling dengan Halus

Untuk dapat menjaga kondisi transmisi, maka sebaiknya kalian biasakan untuk menginjak kopling dengan halus, sehingga tidak menimbulkan gesekan yang kasar. Menyetirlah dengan santai dan sesuaikan kecepatan dengan irama mesin.

Cara Mengatasi Transmisi Bermasalah

Sebelumnya, telah dijelaskan berbagai tanda transmisi mobil mengalami masalah, penyebab, serta cara untuk mencegah munculnya masalah tersebut.

Jika mobil kalian sudah menunjukkan tanda permasalahan pada sistem transmisi, maka sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut.

BACA JUGA:STNK Mobil Hilang? Tenang, Jangan Panik Segera Lakukan Tindakan Ini

Cara mengatasi masalah pada transmisi dapat disesuaikan dengan penyebab dari kerusakan tersebut. Umumnya, tindakan yang dilakukan yaitu penggantian kampas kopling yang sudah menipis atau aus.

Setelah kampas diganti dengan yang baru, maka kalian dapat kembali mengemudikan mobil dengan nyaman. Berbagai medan dapat dilalui dengan aman, termasuk jalan menanjak.

Selanjutnya, jika masalahnya ada pada komponen lainnya, maka akan dilakukan perbaikan atau penggantian komponen tersebut.

Pada dasarnya, berbagai komponen mobil membutuhkan perawatan secara berkala, supaya fungsi dan kinerjanya tetap optimal. 

Salah satu sistem yang sangat penting untuk dipelihara yaitu transmisi.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: