Ban Mobil Sering Kempes Sebelah? Jangan Takut, Begini Solusinya

Ban Mobil Sering Kempes Sebelah? Jangan Takut, Begini Solusinya

BACA JUGA:Harus Ganti Jika Ban Mobil Bocor pada Bagian ini

• Pengaturan Suspensi

Satu lagi penyebab ban mobil habis sebelah yang perlu kalian perhatikan, yakni pengaturan suspensi yang kurang tepat. Hal tersebut akan menyebabkan sudut tegak lurus ban dengan tanah berakhir tidak tepat.

Kondisi tersebut kemudian membuat salah satu sisi ban tidak menapak ke permukaan jalan dengan sempurna. Dampak yang akan terjadi kemudian adalah salah satu sisi ban lebih cepat habis atau aus.

Tidak hanya berdampak pada kondisi ban yang salah satu sisinya menjadi lebih cepat habis, suspensi yang pengaturannya tidak lurus pun akan mempengaruhi area camber. 

Lebih tepatnya, ketika sisi bawah pada ban condong dan miring ke luar, akan membentuk camber menjadi negatif lalu mengikis ban dalam lebih cepat.

BACA JUGA:Harus Ganti Jika Ban Mobil Bocor pada Bagian ini

Kebalikannya, apabila sisi bawah suatu ban condong ke dalam, camber menjadi positif lalu membuat sisi luar suatu ban habis lebih dulu.

Tips Merawat Ban Mobil Habis Sebelah

Setelah mengetahui berbagai penyebab ban bisa habis sebelah, mair simak apa saja yang bisa kalian lakukan untuk merawat ban dengan kondisi tersebut.

• Memeriksa Ban dengan Dongkrak

Tips pertama adalah memeriksa kondisi ban dengan menggunakan alat bernama dongkrak. Kalian dapat memasang dongkrak tepat pada area sasis mobil agar ban berada dalam posisi tergantung. 

BACA JUGA:Simak Perbedaan Ban Mobil Listrik dengan Ban Biasa

Ketika ban telah terangkat, kalian bisa menggoyangkan ban ke segala arah. Kalian harus memperhatikan bagaimana goyangan tersebut, bila terasa oblak dan jadi lebih longgar artinya ban memang bermasalah.

Solusinya, kalian bisa membawa mobil ke bengkel agar teknisi bisa memeriksa bagian kaki dari ban kendaraannya.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: