3 Mobil Keluarga Terbaik Paling Nyaman dan Irit Bensin

3 Mobil Keluarga Terbaik Paling Nyaman dan Irit Bensin

Contoh-contoh MPV, seperti si kembar Avanza – Xenia, Honda Mobilio, Wuling Conferro, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, dan masih banyak lagi. 

Keluarga kecil beranggotakan 4 – 5 orang akan pas berkendara memakai MPV. Setiap penumpang dapat duduk nyaman tanpa berdesakan.

Apalagi tersedia ruang dan bagasi yang cukup untuk memuat barang bawaan. Meski demikian, kabin mobil MPV bisa menampung hingga 7 – 8 penumpang dewasa jika memungkinkan, asalkan tidak ada barang bawaan. 

MPV didesain fleksibel untuk berbagai keperluan, termasuk saat harus menghadapi berbagai macam kondisi medan. Mesinnya cukup tangguh untuk menaklukkan jalanan mulus, medan berlubang-lubang, atau bergelombang. Mobil ini juga memiliki ground clearance tinggi, sehingga mesin terhindar dari genangan air. 

BACA JUGA:Ingat Jarak Aman Saat Berkendara Sesuai Peraturan Resmi, Simak Tipsnya

Hatchback

Singkatnya, hatchback adalah sedan tanpa buritan. Sedan memiliki ‘ekor’ yang berfungsi sebagai kompartemen bagasi yang terpisah, sedang hatchback tidak. Bagasi hatchback berada di bawah jok belakang, seperti milik mobil-mobil MPV. 

Contoh mobil hatchback yang sering terlihat lalu lalang di jalanan Indonesia, misalnya Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki SX4 S-Cross, Mazda 2, Nissan March, Daihatsu Ayla, dan sebagainya. 

Hatchback dirancang sebagai kendaraan dalam kota yang medannya cenderung mulus. Bodinya masih membawa gaya sedan, terlihat lebih mungil karena buritannya tanggal. Ground clearance cukup tinggi membuatnya juga fleksibel untuk berbagai medan, meski tidak setangguh MPV atau SUV.

Kapasitas maksimal hatchback antara 4 – 5 penumpang. Bagasinya kecil, sehingga tidak memungkinkan memuat banyak barang. Alhasil jok belakang dapat dilipat apabila pengendara memerlukan ruang bagasi lebih lebar.

Mobil ini cocok untuk kebutuhan keluarga kecil baru yang hidup di lingkungan urban. Bodi mungilnya menyiasati kemacetan, eksterior stylish-nya cocok dengan gaya hidup perkotaan, interiornya pun lega dan nyaman, sementara performanya mantap untuk penggunaan harian. 

BACA JUGA:GIIAS The Series 2023 Bandung: Momen Ketiga Pameran Otomotif yang Penuh Inovasi dan Promo Menarik

Station Wagon

Jika hatchback adalah mobil berbasis sedan tanpa ‘ekor’. Maka station wagon adalah sedan dengan atap memanjang sampai ke buritan. Jadi hampir mirip hatchback, kecuali mobil satu ini lebih panjang, serta memiliki ruang kabin dan bagasi yang lebih luas.

Sebutan station wagon berbeda-beda di sejumlah wilayah. Di Jerman dikenal sebagai kombi, di Prancis break, sedang banyak negara lainnya menyebutnya dengan istilah estate. Beberapa contohnya, antara lain Mazda 6 Estate, Peugeot 407 SW, Mini Clubman, Mazda Vantrend, BMW 3 Series, dan sebagainya. 

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: