Honda Vario New: Simak Arti dari 9 Tanda Lampu Indikator yang Bisa Identifikasi Kerusakan Mesin

Honda Vario New: Simak Arti dari 9 Tanda Lampu Indikator yang Bisa Identifikasi Kerusakan Mesin

Namun, beberapa kendaraan lain biasanya cukup menggunakan indikator berupa lampu dengan simbol alat ukur suhu dan siluet seperti cairan, seperti yang ada pada Vario 160 ini dimana ketika menyala lampu indikator tersebut berwarna merah.

BACA JUGA:Awas! Salah Memilih Modifikasi Motor Bisa Melanggar Hukum, Begini Penjelasannya

Jika Indikator lampu overheat atau high coolant temperature indicator lamp menyala    saat dikendarai, kemungkinan ada gangguan pada sistem pendinginan.

Kiat apa yang harus dilakukan pemilik motor ketika mendapati lampu indikator temperatur tersebut tiba-tiba menyala ketika sedang menggunakan motor.

Kurangi kecepatan dan menepilah ke sisi jalan, lakukan prosedur berikut ini, matikan mesin, diamkan dan biarkan hingga mesin dingin, setelah mesin dingin periksa apakah ada kebocoran. Jika ada kebocoran jangan hidupkan mesin dan hubungi AHASS terdekat atau hubungi Call center Honda 1500989.

Kemudian jangan lupa, periksa tinggi permukaan cairan pendingin. Jika misalnya tidak ada kebocoran dan level cairan pendingin normal, bawa motor Anda ke AHASS terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut

6. Simbol indikator Idling Stop System

Simbol ini juga umum ditemui pada motor-motor terkini yang sudah dilengkapi dengan fitur mematikan mesin secara otomatis pada periode tertentu tersebut.

Lampu indikator Idling Stop System (ISS) akan menyala jika sistem ISS sudah siap bekerja, saat kendaraan berhenti lebih dari 3 detik maka mesin motor akan dimatikan

Nah, untuk menghidupkannya kembali Anda cukup membuka gas, hal ini untuk menghilangkan bahan bakar terbuang percuma saat motor dalam kondisi berhenti seperti di kemacetan atau lampu merah.

BACA JUGA:Ciri-ciri Kondisi Tubuh Sangat Perlu Istirahat Setelah Berkendara Terlalu Lama, Rebahan Dulu Yuk!

7. Simbol baterai aki

Simbol ini juga sangat umum ditemukan pada jenis kendaraan apa pun yang menggunakan aki. Saat kondisi normal, indikator ini hanya menyala sebentar ketika motor pertama kali dalam posisi kontak on.

Jika lampu indikator baterai menyala, kondisi tegangan baterai rendah. Lakukan pemeriksaan baterai ke AHASS terdekat.

8. Simbol bulatan merah

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: