Perhatikan 12 Cara Merawat Cat Mobil Anda Agar Tetep Kinclong

Perhatikan 12 Cara Merawat Cat Mobil Anda Agar Tetep Kinclong

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Merawat cat mobil secara berkala adalah kunci untuk menjaga penampilan kendaraan Anda tetap kinclong dan terlindungi dari kerusakan.

Perawatan cat perlu dilakukan supaya mobil kita selalu terlihat kinclong dan bersih.

Perawatan cat mobil bisa kita lakukan sendiri di rumah dengan cara sederhana, seperti bagaimana cara kita menyimpan mobil, cara kita mencuci mobil, hingga memoles bodi mobil.

BACA JUGA:Mobil Matic Mogok? Jangan Sembarangan Dorong, Ikuti 10 Solusi Ini untuk Mengatasinya

Secara pengertian dan fungsi, cat adalah lapisan terluar bodi mobil, yang berfungsi untuk melindungi plat bodi mobil dari cuaca, udara, karat, dan sekaligus memperindah tampilan pada eksterior mobil.

Berikut adalah beberapa cara untuk merawat cat mobil Anda agar tetap kinclong:

1. Cuci Mobil secara Rutin

Cuci mobil secara rutin untuk menghilangkan debu, kotoran, dan residu yang dapat merusak cat. Gunakan sabun mobil yang dirancang khusus agar tidak merusak lapisan pelindung cat. Pastikan untuk menyemprotkan air pada bagian bawah mobil untuk membersihkan sisa-sisa garam jika Anda tinggal di daerah yang bersalju.

2. Hindari Cuci Mobil di Bawah Terik Matahari

Jangan mencuci mobil saat matahari sedang terik. Air yang cepat menguap dapat meninggalkan noda air dan menyebabkan bercak pada cat. Pilih waktu pagi atau sore hari untuk mencuci mobil di bawah naungan.

3. Gunakan Sikat Lembut atau Sponge Microfiber

Saat mencuci mobil, gunakan sikat lembut atau sponge microfiber. Hindari menggunakan bahan kasar yang dapat menyebabkan goresan pada cat. Pastikan untuk membilas secara menyeluruh untuk menghindari residu sabun yang dapat meninggalkan noda.

BACA JUGA:5 Tips Cara Merawat dan Membersihkan Cabin Kendaraan yang Benar, Jangan Asal-asalan!

4. Keringkan dengan Lembaran Mikrofiber

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: