Simak Sederet Faktor Mobil Sulit untuk Dispooring, Kenali Penyebabnya!

Simak Sederet Faktor Mobil Sulit untuk Dispooring, Kenali Penyebabnya!

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Spooring adalah salah satu perawatan mobil yang tidak kalah penting.

Meski tidak memiliki tenggat waktu, spooring dapat berdampak kepada rasa berkendara mobil, serta dalam masalah keawetan ban.

Spooring dilakukan untuk memastikan bahwa roda-roda kendaraan sejajar dan berada pada sudut yang tepat, sehingga dapat mengoptimalkan kinerja kendaraan dan mencegah keausan ban yang tidak merata.

BACA JUGA:Setelah Baterai, Hidrogen Digadang-gadang jadi Sumber Energi Kendaraan Masa Depan

Proses spooring melibatkan penyesuaian sudut kemiringan dan penyetelan arah roda agar sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa roda kendaraan berada dalam posisi yang optimal untuk mengoptimalkan kinerja, keamanan, dan kenyamanan saat berkendara.

Namun terkadang ada istilah mobil susah di-spooring. Istilah ini adalah untuk mobil yang setirnya tidak mau juga lurus meski sudah diatur berkali-kali.

Ternyata ada beberapa penyebab umumnya, OtomotifXtra.id  Indonesia membagikan beberapa penyebab mobil susah untuk dilakukan spooring:

BACA JUGA:Ciri-ciri Kondisi Tubuh Sangat Perlu Istirahat Setelah Berkendara Terlalu Lama, Rebahan Dulu Yuk!

1. Steering Rack

Steering rack bisa saja jadi penyebab mobil susah lurus. Steering rack bisa saja mengalami kerusakan sehingga kendur.

Pada kondisi sederhananya, ada grommet pada steering rack yang kendor sehingga steering rack bisa bergerak, menyebabkan setir susah lurus.

2. CV Joint

CV joint bisa menyebabkan masalah alignment, namun tidak masif. Biasanya, CV joint yang bermasalah lebih menyebabkan kemudi tidak enak dan tidak halus.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: