Hati-hati! Ini Teknik Pengereman Motor yang Efektif saat Melibas Jalan Menurun

Hati-hati! Ini Teknik Pengereman Motor yang Efektif saat Melibas Jalan Menurun

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM – Rem blong pada saat mengendarai motor ketika dijalan menurun sangat mungkin terjadi ketika kita melakukan kesalahan dan kurangnya pemahaman dalam teknik pengereman.

Penyebab umumnya itu biasanya pengguna motor menarik dan menahan handle tuas rem terlalu lama adalah kesalahan yang paling sering dilakukan saat berada dijalan yang menurun.

Seringnya menarik dan menahan handle rem mengakibatkan piringan dan kampas rem menjadi panas, panas ini akan menyebar mengenai kaliper dan piston rem memuai alhasil rem tersendat tidak dapat menarik kampas rem.

BACA JUGA:Awas, Jika salah Pasang Busi Bisa Sebabkan Mesin Overheat

Ketika kita akan melewati jalan menurun ada potensi bahaya overspeeding dan overheating pada rem (rem blong).

Sebelum kita berkendara menggunakan sepeda motor kita pahami dulu yuk pengereman yang efektif saat melibas jalan menurun untuk meminimalisir potensi bahaya.

Gunakan rem depan dan rem belakang secara bergantian

Rem merupakan komponen dalam mengendalikan laju kendaraan, saat melewati jalan menurun alangkah baiknya gunakan terlebih dahulu rem depan.

Rem depan memberikan pengereman yang lebih kuat karena sebagian beban kendaraan pada motor saat berhenti bertumpu di roda depan. Setelah itu gunakan rem belakang untuk menambah pengereman serta membuat stabil pada motor ketika berhenti.

BACA JUGA:Tips Menghindari Kecelakaan Beruntun Pada Saat Berkendara, Ketahui Juga Penyebabnya!

Lakukan pengereman tersebut secara bergantian agar menghindari overheating pada piringan dan kampas.

Kendalikan kecepatan agar mesin berperan dalam pengereman

Pengereman tipe ini disebut sebagai engine brake, tipe pengereman ini memungkinkan mengurangi kecepatan tanpa perlu menarik tuas rem atau menginjak rem saat mulai memasuki jalan menurun dengan memasukkan gigi rendah pada motor manual atau engine brake.

Engine brake sangat penting membantu kerja rem depan dan belakang dijalan menurun. Pengguna motor matic jangan khawatir karena motor matic juga terdapat engine brake dengan menutup gas secara perlahan.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: youtube