Jangan Sampai Telat Mengganti Oli Mesin Mobil, Ini Akibatnya Jika Terjadi!

Jangan Sampai Telat Mengganti Oli Mesin Mobil, Ini Akibatnya Jika Terjadi!

Penurunan Efisiensi Bahan Bakar

Mesin yang tidak dilumasi dengan baik akan bekerja lebih keras, yang pada akhirnya mengakibatkan penurunan efisiensi bahan bakar. Kendaraan akan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan tenaga yang sama, yang berarti pemilik kendaraan akan menghabiskan lebih banyak uang untuk pengisian bahan bakar.

Emisi Gas yang Tinggi

Mesin yang tidak berfungsi dengan efisien dapat menghasilkan emisi gas buang yang lebih tinggi. Hal ini tidak hanya buruk untuk lingkungan, tetapi juga dapat menyebabkan kendaraan gagal lulus uji emisi yang diperlukan untuk registrasi kendaraan.

BACA JUGA:Simak Cara Merawat Mobil Tua dengan Benar

Pemangkasan Umur Mesin

Kerusakan yang disebabkan oleh oli yang kotor dan terlalu tua dapat memperpendek umur mesin. Mesin yang rusak lebih cepat membutuhkan penggantian atau perbaikan, yang tentu saja merupakan pengeluaran tambahan yang tidak diinginkan.

Kerusakan Sistem Pelumas

Jika oli tidak diganti dengan teratur, endapan dan kotoran akan mulai menumpuk dalam mesin. Ini dapat menyumbat filter oli dan saluran pelumasan, mengakibatkan kerusakan pada sistem pelumas secara keseluruhan.

BACA JUGA:Hal Wajib yang Dilakukan Saat Touring Motor Bareng Club, Biar Makin Asik

Hilangnya Garansi Produsen

Jika kendaraan masih dalam masa garansi, telat mengganti oli tanpa mengikuti jadwal yang ditentukan oleh produsen dapat menyebabkan hilangnya hak garansi. Dalam kasus kerusakan, pemilik kendaraan harus mengeluarkan biaya perbaikan tanpa bantuan dari produsen.

Untuk menghindari bahaya-bahaya tersebut, sangat penting untuk mengganti oli sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan.

Biasanya, jarak tempuh antara satu penggantian oli dengan yang lainnya berkisar antara 5.000 hingga 10.000 kilometer, tergantung pada merek dan model mobil.

Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan Anda. Dengan merawat sistem pelumasan mobil secara teratur, Anda dapat memastikan kinerja mesin yang optimal, memperpanjang umur mesin, dan menghindari biaya perbaikan yang tinggi.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: