Mau Touring Jarak Jauh Menggunakan Motor? Cek Dulu Kondisi Si Roda Dua Yuk

Mau Touring Jarak Jauh Menggunakan Motor? Cek Dulu Kondisi Si Roda Dua Yuk

Cek kondisi busi pastikan bersih dari partikel-partikel pengotor yang menghambat dan menyebabkan pembakaran pada mesin motor rekan-rekan tidak sempurna.

Lakukan penggantian oli mesin sebelum melakukan turing agar semua komponen di ruang mesin dapat terlumasi dengan sempurna agar performa mesin yang dihasilkan lebih optimal.

Cek CVT atau Rantai

Rantai motor pada kendaraan merupakan hal vital sebagai penghubung putaran mesin dengan roda belakang. Pastikan ketegangan rantai sesuai dengan aturan yang dianjurkan oleh produsen.

Sebab, rantai yang terlalu kendur dapat menyebabkan putusnya rantai. Bila perlu gantilah rantai atau CVT yang baru jika sudah mengalami aus.

BACA JUGA:4 Hal yang Harus Diperhatikan pada Rantai saat Musim Hujan

Cek Kondisi Aki

Aki merupakan jantung motor terutama pada motor full injeksi, berfungsi juga sebagai suplai daya listrik untuk menyalakan lampu, klakson, sistem pengapian dan pengisian daya.

Periksa kondisi dan kualitas aki dengan melihat indikator atau menggunakan voltmeter, jika tegangan aki berada 12 volt maka aki tersebut dalam keadaan baik.

Setelah pengecekan motor dengan kondisi yang baik siap untuk dibawa turing jauh, jangan lupa persiapkan kesehatan sebagai pengendara dengan kondisi fit dan menggunakan perlengkapan safety riding.

Selamat Turing rekan-rekan OtomotifXtra.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: youtube