Resiko Fatal Jika Telat Ganti Oli Motor!

Resiko Fatal Jika Telat Ganti Oli Motor!

2. Pilih kekentalan

Perlu diketahui bahwa oli yang dibutuhkan sepeda motor matic berbeda dengan sepeda motor lain. motor matic butuh oli dengan tingkat kekentalan yang tepat.

Sebaiknya kamu mencari oli mesin dengan kekentalan API SL (Standard American Petroleum Institute) L yang sangat sesuai dengan kebutuhan sepeda motor matic.

3. Pilih yang berkualitas

BACA JUGA:Inilah Daftar Aki Kering Mobil dan Harga Terbarunya

Saran buat kamu, pilihlah oli yang memiliki sertifikat API dan JASO. Dengan adanya sertifikat ini berarti oli sudah diuji oleh pihak kompeten dan banyak dipakai di negara Eropa.

Sedangkan JASO berarti sudah dicek kualitasnya oleh Japanese Automotive Standar Association dan sudah banyak dipakai di Jepang.

Telat ganti oli motor

Risko telat ganti oli motor tentu akan berujung pada kerusakan. Sebab oli yang sudah waktunya ganti berarti kemampuan pelumasannya sudah menurun. Kalau dibiarkan, performa mesin akan tergganggu. Berikut beberapa risiko yang akan terjadi;

BACA JUGA:Jangan Sampai Lupa, Gini Cara Gurah Mesin Mobil Kalian!

1. Mesin motor jadi kasar

2. Overheating atau mesin terlalu panas

3. Konsumsi BBM jadi boros

4. Piston tersangkut di blok mesin

Bisa dibilang, risiko ini merupakan yang paling bahaya bagi pengendara motor. Oli bertugas untuk melapisi piston yang akan terus bergesekan dengan komponen lainnya. 

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: