Begini Cara Cek Oli Transmisi Mobil Manual, Agar Tetap Lancar!

Begini Cara Cek Oli Transmisi Mobil Manual, Agar Tetap Lancar!

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Oli transmisi manual merupakan cairan penting pada mesin demi kenyamanan berkendara. Fungsi Oli transmisi mobil manual ini sama dengan Oli pada mesin, yakni mereduksi gesekan yang timbul.

Oli transmisi ini tidak bisa bertahan selamanya, alias memiliki usia pakai. Itu artinya, oli transmisi ini harus dilakukan penggantian secara periodik. 

Hal ini sangat penting untuk memastikan agar oli tersebut bisa bekerja dengan maksimal.

BACA JUGA:Mesti Tahu! Ternyata ini Penyebab Velg Mobil Cepat Rusak

Umumnya, oli transmisi ini disarankan untuk diganti setiap 40 ribu km atau sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Jika oli transmisi ini tidak diganti setelah titik maksimalnya tercapai, maka oli tersebut tidak bisa melumasi setiap bagian transmisi dengan optimal. 

Dampaknya, komponen penyusun transmisi mobil manual akan mengalami keausan. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, maka sistem transmisi pada mobil akan terganggu.

Pemilik mobil tidak bisa meremehkan kerusakan yang timbul pada sistem transmisi mobil ini. 

BACA JUGA:Wow! Plat Nomor di Dubai ini Harganya Sampai 200 Miliar!

Pasalnya, selain kerusakan mesin, kerusakan pada sistem transmisi mobil juga memerlukan biaya yang cukup besar untuk memperbaikinya hingga bisa kembali ke fungsi yang seharusnya.

Cara cek oli transmisi mobil manual

Untuk memeriksa level dan kondisi oli transmisinya, Anda memerlukan peralatan, waktu, dan juga tenaga untuk memeriksa kondisi oli transmisi mobil manual ini. 

Pasalnya, berbeda dengan mobil matic yang memiliki dipstick, masih jarang pabrikan kendaraan yang memberikan fitur ini pada line up produksi mobil manualnya.

BACA JUGA:Gak Cuman Ganti Oli Aja, Ini Ada Tips Lulus Uji Emisi

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber