Bagian ini Yang Biasanya Harus Diperhatikan saat Usia Mobil sudah 5 Tahun

Bagian ini Yang Biasanya Harus Diperhatikan saat Usia Mobil sudah 5 Tahun

Selama perjalanan hingga 5 tahun, bagian inilah yang bersentuhan langsung dengan aspal dan menahan beban yang cukup berat.

Mengingat kondisi jalanan di Indonesia tidak semuanya ideal, kaki-kaki harus sering diperiksa. 

Gejala rusaknya kaki-kaki mobil bervariasi, dari setir bergetar, mobil lari ke kanan-kiri saat berjalan, atau ada bunyi-bunyi mengganggu saat setir dibelokkan

BACA JUGA:Jangan Panik, Lakukan Langkah ini Jika Mesin Mobil Overheat saat Berjalan

Masalah kelistrikan

Masalah lain yang kerap timbul pada mobil usia 5 tahun pemakaian biasanya terkait tentang kelistrikan seperti halnya mesin mobil yang susah nyala, AC yang tidak dingin, dan Lampu sering mati.

Hal tersebut terjadi biasanya karena  berbagai penyebab, misalnya tegangan arus listrik aki yang kurang atau bahkan telah habis, terminal aki yang berkarat atau kotor dan kendor, injektor bahan bakar bermasalah, jarak antara kepala busi dan sumbu busi terlalu renggang, atau kompresi mesin yang terlalu rendah.

Masalah transmisi

Transmisi manual atau otomatis, semua ada sisi positif dan negatifnya.

Namun setelah mobil usia 5 tahun, keduanya sama-sama perlu lebih diperhatikan. 

Salah satu gejala transmisi bermasalah adalah respons kendaraan yang lambat, suara aneh saat mengganti gigi pada mobil manual, susah pindah gigi, cairan transmisi yang bocor pada mobil matic, hingga yang tergolong berbahaya seperti pemindahan gear transmisi yang slip, menyebabkan transmisi jadi normal saat mobil sedang berada dalam kecepatan tinggi.

BACA JUGA:Jangan Panik, Lakukan Langkah ini Jika Mesin Mobil Overheat saat Berjalan

Karet-karet getas

Saat usia lebih dari lima tahun, bagian karet pada mobil biasanya sudah getas (kehilangan sifat elastisnya). Komponen yang satu ini kerap terlupakan oleh sebagian pemilik mobil, karena wujudnya yang tersembunyi. Masalahnya, karet tersebar di hampir setiap bagian mobil.

Fungsinya pun relatif krusial, bahkan bisa memengaruhi banyak hal.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: