Periksa Beberapa Bagian ini pada Mobil Sebelum Lakukan Perjalanan Jauh

Periksa Beberapa Bagian ini pada Mobil Sebelum Lakukan Perjalanan Jauh

Hal yang perlu dicek mobil sebelum perjalanan jauh berikutnya adalah oli mesin. Kamu harus memastikan oli mesin memiliki volume yang cukup. Caranya adalah dengan memeriksa level pada stik oli.

Oli mesin yang memiliki volume cukup, garisnya harus berada di antara tanda L dan F. Jika kurang, maka sebaiknya tambahkan oli secukupnya. 

Checklist kendaraan yang harus kamu perhatikan adalah pemakaian batas waktu oli masih cukup untuk jarak perjalanan jauh.

BACA JUGA:Bagian ini yang Rusak dan Fatal Jika Mesin Mobil Overheat

4. Baterai

Cek mobil sebelum perjalanan jauh selanjutnya adalah baterai. Perhatikan apakah baut kutub aki dalam keadaan bersih atau tidak. Jika kotor, sebaiknya dibersihkan dari kotoran yang menempel.

4. Belt kipas

Melakukan perjalanan dalam mobil artinya harus menggunakan AC secara terus menerus. Maka dari itu, cek mobil sebelum perjalanan jauh adalah dengan memperhatikan belt kipas.

Jika ada yang retak, maka segera ganti. Cek kendaraan lainnya yang perlu kamu lakukan adalah mengecek tegangan tension belt agar putaran kipas bisa optimal. 

Kamu bisa memperhatikan jarum penunjuk di temperature.Jika melebihi garis tengah, artinya mesin dalam kondisi panas dan masih aman untuk digunakan. 

Apabila lebih dari setengah, ada baiknya untuk berhenti dan tunggu sampai mesin dingin, kemudian periksa kondisi air pendingin dari kipas.

5. Rem

Rem menjadi salah satu komponen penting yang harus dicek sebagai persiapan perjalanan jauh naik mobil. Kamu harus memeriksa level minyak rem. 

Jika kurang dari batas minimal, maka kamu harus mengecek adanya kebocoran atau tidak.

BACA JUGA:Waspada, Ini yang Terjadi Jika EGR Pada Mesin Diesel Kotor

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: