Awas, Jangan Sembarangan, ini Cara Mencuci Mobil yang Benar

Awas, Jangan Sembarangan, ini Cara Mencuci Mobil yang Benar

Sediakan Dua Ember Untuk Mencuci

Agar hasil yang diinginkan maksimal, sebaiknya menyiapkan dua buah ember yang masing-masing ember berisi shampo dan air bersih. Kondisi ini bertujuan agar kotoran tidak bercampur karena menggunakan satu ember yang sama. 

Ember yang satu lagi digunakan untuk membersihkan ban. Biasanya ban dan velg akan jauh lebih kotor karena bersentuhan langsung dengan aspal jalanan. Sehingga peran ember khusus sangat dibutuhkan agar kotoran ban tidak berpindah pada area bodi. 

Menggunakan Sabun Khusus Cuci Mobil

Penggunaan sabun juga perlu diperhatikan, hindari menggunakan sabun colek khusus piring maupun pakaian. Hal tersebut dikarenakan akan merusak cat dan bodi lainnya.  Langkah untuk menggunakan benda ini adalah setelah seluruh area bodi basah, gosokkan sabun hingga menyeluruh. 

BACA JUGA:Catat, ini Cara Hindari Kaca Mobil dari Jamur

Dari sekian banyak merek shampo mobil, sebaiknya memilih sabun yang dapat menyeimbangkan pH (tingkat keasaman) dari air yang digunakan.

Jika  menemukan kotoran atau jamur yang tak kunjung hilang dari bodi mobil setelah menggunakan sampo, jangan tergesa-gesa untuk menggosoknya terlalu keras. Karena, dapat menghilangkan lapisan pernis cat mobil.

Mencuci Mobil dari Atas ke Bawah

Langkah selanjutnya kalian dapat mencuci mobil dari bagian atas terlebih dahulu.

Pada area bawah sangat dipenuhi oleh kotoran, sehingga dikhawatirkan memulai dari posisi bawah malah akan memperkotor mobil.

Usahakan untuk mencuci bagian terbersih dahulu agar hasil yang diperoleh maksimal.

BACA JUGA:Fungsi Asli Kaca Film Mobil, Bukan Sekedar Bikin Mobil Adem

Jangan lupa untuk memperhatikan sudut-sudut yang susah dijangkau agar tidak menyisakan kotoran. 

Bilas Menggunakan Air Bersih

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: