Dengan harga yang relatif murah, knalpot berbahan galvanis sering ditemui di pasar atau bengkel.
BACA JUGA:Ini Fungsi Cut-off pada Lampu LED Mobil
Akan tetapi, material ini sangat mudah berkarat.
Makanya, daya tahan knalpot galvanis lebih singkat daripada knalpot alumunized.
Bahan Knalpot Monel
Monel adalah pipa campuran nikel, tembaga, sedikit besi, sulfur, dan unsur-unsur lainnya.
Banyak yang bilang, knalpot monel harus sering dirawat/dibersihkan supaya tidak muncul bercak-bercak karat.
Biasanya, monel adalah bahan yang dipakai oleh pabrik mobil untuk membuat knalpot baru lainnya.
Selain keempat bahan di atas, ada juga bahan titanium dan karbon.
BACA JUGA:Jangan Lakuakan! Bahaya Meninggalkan Anak Kecil Sendirian di Dalam Mobil
Bahan ini ringan dan kuat. Cuma, biaya yang kalian keluarkan demi bahan ini bakalan lebih banyak.
Hal itu disebabkan oleh pembuatannya yang membutuhkan teknik khusus.
Apalagi, materialnya cukup sulit untuk ditemukan. Sekarang ini, bisa kita temui produsen knalpot yang menggabungkan beberapa bahan knalpot menjadi satu rangkaian.
Misalnya, bagian kepala dan leher knalpot menggunakan bahan galvanis lalu bagian silencer menggunakan stainless.
BACA JUGA:Jelajahi Mudik dengan MG VS HEV: Full Hybrid Bertenaga dengan Kecepatan dan Keiritan Handal
Paduan tersebut bisa membuat knalpot lebih tahan lama dengan biaya yang cenderung murah.