Masuk Musim Hujan, Perhatikan 6 Tips Berkendara Aman dan Nyaman

Masuk Musim Hujan, Perhatikan 6 Tips Berkendara Aman dan Nyaman

Berikut tips berkendara aman ketika hujan

1. Perhatikan Kondisi Wiper dan Kaca Mobil

Wiper merupakan kompenen yang ada dimobil yang harus selalu diperhatikan sebelum kendaraan digunakan. Wiper juga memiliki peran yang sangat penting untuk membantu pengendara melihat jalanan ketika hujan.

Maka dari itu, bagi pengendara mobil penting untuk melakukan perawatan secara rutin. Seperti mengecek elastisitas karet serta komponen wiper.

Selain itu, kaca mobil pun juga harus dijaga kejernihannya dengan dibersihkan secara teratur untuk mencegah timbulnya jamur yang akan membuat pandangan dikaca menjadi buram.

BACA JUGA:Black Stone Garage Tawarkan Fasilitas Satu Tempat untuk Semua Kebutuhan Pecinta Otomotif

BACA JUGA:100 Unit Wuling Air ev Sampai ke Tangan Konsumen di Jakarta

2. Perhatikan Sistem Kontrol Kendaraan

Memperhatikan sistem kontrol kendaraan menjadi suatu bagian penting dan wajib ketika pengendara akan melakukan perjalanan, terutama ketika musim hujan datang.

Pastikan sistem kemudi, rem, kopling, dan pedal gas dapat berfungsi dengan selayaknya dan lakukan selalu perawatan rutin dibengkel resmi.

+++++

3. Menyalakan Lampu Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan saat musim hujan datang, selalu periksalah lampu kendaraan apakah berfungsi dengan baik.

Lampu kendaraanya berfungsi untuk mempermudah melihat pengendara lain dengan jelas. Begitupun sebaliknya, pengendara lain akan mudah meilihat posisi kendaraan kita ketika berada di jalan saat hujan lebat.

Lampu yang ada dimobil terdiri dari lampu senja, lampu dekat, lampu jauh, lampu kabut, lampu rem, lampu mundur, dan lampu hazard.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: