Tips untuk Memilih Cairan Pendingin Radiator yang Cocok Untuk Mobil Anda

Tips untuk Memilih Cairan Pendingin Radiator yang Cocok Untuk Mobil Anda

Tips untuk Memilih Cairan Pendingin Radiator yang Cocok Untuk Mobil Anda-prostooleh-freepik

• Melewati Proses Standarisasi dengan Baik

Cairan pendingin radiator yang berkualitas biasanya telah melalui proses pengujian dan memenuhi standar tertentu.

BACA JUGA:NETA Jalin Kerjasama Dengan Permata Bank untuk Fasilitas Pembiayaan Dealer

Beberapa standar yang biasa digunakan sebagai acuan adalah ASTM (American Society for Testing and Materials) atau standar pabrikan kendaraan itu sendiri.

Dengan memilih cairan radiator yang memenuhi standar tersebut, kalian dapat lebih yakin terhadap kualitas dan kemampuannya dalam melindungi sistem pendinginan mesin kalian.

• Kompatibilitas dengan Kendaraan

Tidak semua cairan radiator cocok untuk semua jenis kendaraan.

Setiap pabrikan mobil mungkin memiliki spesifikasi tersendiri untuk cairan pendingin radiator yang direkomendasikan.

BACA JUGA:Estafet Peduli Bumi: Komitmen Jaga dan Lestarikan Lingkungan, Asuransi Astra Tanam 3.000 Pohon Mangrove Untuk Cegah Abrasi di Yogyakarta

Menggunakan cairan radiator yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan dapat berdampak buruk pada sistem pendinginan, bahkan berpotensi merusak komponen mesin. Oleh karena itu, selalu periksa buku manual kendaraan kalian untuk mengetahui spesifikasi cairan radiator yang direkomendasikan. Jika ragu, berkonsultasilah dengan mekanik bengkel resmi untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Memilih cairan pendingin radiator yang berkualitas tinggi merupakan langkah penting untuk menjaga performa dan umur mesin kendaraan kalian.

Cairan radiator yang baik tidak hanya memastikan temperatur mesin tetap optimal, tetapi juga mencegah karat dan korosi pada komponen sistem pendinginan.

Dengan memperhatikan karakteristik cairan radiator seperti kejernihan, kandungan inhibitor korosi, titik didih dan beku, serta mengikuti tips pemilihan yang tepat, kalian dapat memastikan sistem pendinginan kendaraan kalian terlindungi dengan baik.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya