Banyak Perubahan di CBR 1000rrr Fireblade SP Tahun 2024

Banyak Perubahan di CBR 1000rrr Fireblade SP Tahun 2024

Banyak Ubahan CBR 1000rrr Fireblade SP tahun 2024-https://www.astra-honda.com/-https://www.astra-honda.com/

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Honda Jepang resmi meluncurkan CBR 1000rrr dan nyatanya banyak sekali ubahan dari motor ini, new Honda CBR 1000rrr Fireblade sp adalah moge flagship Honda jepang yang pada musim 2024 ini mendapatkan update sebagai berikut.

Untuk mesin tetap sama yaitu 1000cc 4 silinder segaris semi cam dohc 16 klep berpendingin cair dengan bore 81mm dan stroke 48,5mm Honda menyebutnya dnegan over square. 

Honda mengklaim motor ini bisa tembus 214,564Hp pada 14.000 rpm dan torsi puncak di 11 newton meter pada 12.000rpm.

Untuk klaim power dan torsi memang tidak ada perubahan pada motor ini, akan tetapi head silindernya di bekali dengan type terbaru, Honda merevisi bagian ini agar meningkatkan rasio kompresi mesin dari 13,4 banding 1 menjadi 13,6 banding 1.

Serta untuk timing klep juga beda lalu per klep juga di revisi juga oleh Honda, tidak hanya di situ saja crankshaft dan juga conroad di buat lebih ringan oleh Honda, terkait ukuran klep dari Cbr 1000rrr  Fireblade SP versi 2024 ini tidak ada perubahan dari pendahulunya, hanya saja menggunakan klep yang lebih ringan bobotnya dengan total klep 8 buah dengan ukuran 32,5mm serta klep exhaustnya ada 8 buah juga dengan ukuran 28,5mm.

BACA JUGA:Ternyata Ini Sob Fungsi 4 Jenis Pegas pada Sistem Suspensi Mobil

Dibagian knalpot juga ada revisi, memang knalpot bawaannya tetap menggunakan Akrapovic Slovenia yang terbuat dari bahan titanium yang lebih ringan namun volume lebih besar 1 liter ketimbang versi 2023, ubahan juga hadir di bagian exhaust valve Akrapovic, untuk torsi pada rpm rendah maupun power di rpm tinggi suara yang di hasilkan knalpot ini lebih senyap 5 desibel dari versi sebelumnya.

Cbr 1000rrr  Fireblade SP versi 2024 ini pertama kalinya menggunakan dua motor thorottle by wire  versi sebelumnya hanya menggunakan single motor, yang bertujuan menambah kontrol dan nuansa yang presisi pada rpm yang lebih rendah dengan engine break yang lebih banyak jika diperlukan.

Mari kita bedah satu persatu, motor satu untuk TB silinder satu dan dua motor dua untuk TB silinder tiga dan empat, melalui pembukaan thorottle yang lebih kecil katup silinder satu dan dua terbuka terlebih dahulu untuk menyesuaikan output secara halus dan menghasilkan fluktuasi rotasi crank save, ini membuat mesin lebih mudah untuk di kendalikan melalui rentang rpm yang lebih rendah.

Saat putaran mesin naik semua katup thorottle body terbuka bersamaan untuk aliran daya top end yang mulus. 

BACA JUGA:Mau Transmisi CVT Mobil Kalian Awet? Coba Lakukan 5 Tips Ini


Banyak Ubahan CBR 1000rrr Fireblade SP tahun 2024-https://www.astra-honda.com/-https://www.astra-honda.com/

Bagian rangka motor ini masih sama yaitu twin spar dengan nama rangka diamond yang terbuat dari bahan alumunium dan memiliki karakter yang lebih lentur untuk meningkatkan akurasi dan traksi kemudi.

Kerangka alumunium yang di revisi memiliki keseimbangan dan kekakuan yang baru untuk meningkatkan akurasi kemudi dan rasa cengkraman roda.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: