Tips Aman Mengatasi Kaca Helm Berembun Saat Berkendara di Musim Hujan

Tips Aman Mengatasi Kaca Helm Berembun Saat Berkendara di Musim Hujan

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Memasuki musim hujan, persiapkan segala kebutuhan seperti payung dan jas hujan, terutama bagi pengendara motor. Berkendara di musim hujan memerlukan perhatian khusus terhadap keselamatan, mengingat kondisi jalanan yang tergenang dan licin.

Salah satu masalah umum yang dihadapi pengendara motor saat hujan adalah kaca helm yang berembun. Kondisi ini tidak hanya mengganggu, tetapi juga berdampak pada keselamatan berkendara karena mengurangi jarak pandang dan dapat memicu kecelakaan.

Kaca helm berembun disebabkan oleh perbedaan suhu di dalam dan di luar helm, menyebabkan uap air berubah menjadi embun. Bagi pengendara yang harus fokus pada perjalanan, mengatasi masalah ini dapat menjadi tantangan. Berikut adalah 4 tips praktis untuk mengatasi kaca helm berembun saat musim hujan

BACA JUGA:Panduan Lengkap Memahami Bahasa Simbol di Dashboard Mobil

Menggunakan Cairan Anti-Fog

Pilih cairan anti-fog, baik dalam bentuk oles atau semprot, sesuai selera. Oleskan di sekitar kaca helm atau semprotkan pada bagian luar dan dalam, lalu bersihkan dengan lap atau tisu kering. Harga cairan anti-fog bervariasi, mulai dari 15 ribu hingga 100 ribu.

Menggunakan Kaca Anti-Fog

Alternatif efektif adalah menggunakan kaca helm dengan teknologi anti-fog. Kaca ini menjaga suhu udara pada ruang antar kaca dengan pinlock tetap stabil, mencegah terbentuknya embun di area tertentu.

Pastikan Sirkulasi Udara Helm Terbuka

BACA JUGA:Ingat Jarak Aman Saat Berkendara Sesuai Peraturan Resmi, Simak Tipsnya

Helm memiliki sirkulasi udara, pastikan semua lubang sirkulasi udara terbuka untuk mengurangi perbedaan suhu di dalam dan di luar helm. Buka visor helm sedikit untuk memberikan sirkulasi udara tambahan, dengan memahami risiko air hujan masuk.

Menggunakan Perlengkapan Sehari-Hari

Jika ingin solusi ekonomis, perlengkapan sehari-hari seperti sabun pencuci piring, shampoo bayi, krim pencukur, atau pasta gigi dapat digunakan. Oleskan pada kaca luar dan dalam menggunakan kain halus, gosok merata, diamkan hingga kering, lalu gosok kembali dengan lap kering.

Dengan mengikuti tips ini, pengendara motor dapat menghadapi tantangan kaca helm berembun dengan lebih aman dan nyaman. Prioritaskan keselamatan dan tetap waspada di jalan, terutama dalam kondisi musim hujan. Stay safe!

Sumber: