Tips Aman Berkendara Motor Kopling Pahami dan Kuasai Fungsinya

Tips Aman Berkendara Motor Kopling Pahami dan Kuasai Fungsinya

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Motor kopling merupakan pilihan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Perbandingan antara Motor matic dan Motor kopling tidak terlalu signifikan, dengan perbedaan utama terletak pada sistem transmisi.

Motor kopling menggunakan transmisi manual dengan perpindahan gigi secara manual, sedangkan motor matic memiliki transmisi otomatis. Mengendarai motor kopling memerlukan konsentrasi lebih tinggi karena pengendara harus memperhatikan sisi kopling, gas, dan rem secara bersamaan.

Berikut adalah beberapa tips aman dalam mengendarai motor kopling

Pelajari Cara Kerja Motor Kopling

Pahami letak panel kopling pada tuas tangan kiri pengendara. Saat menarik tuas kopling, lempeng kopling akan ditekan oleh kampas rem, memungkinkan pengendara untuk memindahkan gigi. Fungsi utama kopling adalah memutus penggerak transmisi dan menghubungkannya ke mesin, mempermudah perpindahan gigi.

BACA JUGA:Panduan Lengkap Memahami Bahasa Simbol di Dashboard Mobil

Optimalkan Perpindahan Kopling

Saat memindahkan gigi, lakukan pada putaran mesin sekitar 2300–2500 rpm. Namun, setiap jenis motor kopling memiliki karakteristik berbeda, jadi biasakan untuk mengambil rpm rendah, mengingat setiap motor kopling berbeda.

Kenali Penggunaan Engine Brake

Manfaatkan keunggulan engine brake pada motor kopling. Engine brake adalah pengereman yang terjadi karena melepas tuas gas, membantu pengendara yang melaju dengan kecepatan tinggi untuk melakukan pengereman dengan lebih efektif.

BACA JUGA:Ingat Jarak Aman Saat Berkendara Sesuai Peraturan Resmi, Simak Tipsnya

Pelajari Cara Aman Berkendara

Setelah memahami cara mengendarai motor kopling dengan baik, tingkatkan kemampuan berkendara sesuai dengan standar keamanan. Perhatikan aturan lalu lintas dan terapkan prinsip keselamatan dalam setiap perjalanan.

Dengan memahami dan mengaplikasikan tips di atas, pengendara motor kopling dapat meningkatkan keterampilan mengemudi mereka dan menjaga keamanan selama berkendara.

Sumber: