Mika Lampu Mulai Menguning? Ikuti Tips Menjaganya Agar Tetap Bening

Mika Lampu Mulai Menguning? Ikuti Tips Menjaganya Agar Tetap Bening

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM – Lampu adalah komponen yang sangat penting dalam kedaraan yang beruguna untuk menerangi jalan khususnya berkendara pada malam hari.

Lampu kendaraan sangatlah penting untuk menandakan keberadaan kita kepada pengendara lain agar selalu wadpada ketika dijalan raya.

Maka dari itu perawatan pada komponen lampu harus dilakukan secara berkala terutama mika lampu yang sering menguning.

BACA JUGA:Setelah Baterai, Hidrogen Digadang-gadang jadi Sumber Energi Kendaraan Masa Depan

Mika lampu yang menguning tentunya mengurangi cahaya penerangan yang diberikan sehingga membuat cahaya lampu tidak memancar maksimal utnuk menerangi jalan.

Mika lampu adalah elemen transparan atau semi transparan untuk menutup lampu pada kendaran motor maupun mobil.

Mika lampu terbuat dari bahan polikarbonat atau poliakriliat bahan plastik yang bisa menahan panas matahari dan cuaca extreem, dan biasa nya juga dilapisi oleh lapisan UV untuk mencegah mika lampu menguning dan penuaan warna pada mika lampu.

Memang mika lampu yang sudah menguning bisa diperbaiki. Namun bila kondisinya sudah terlalu parah, terkadang harus diganti.

BACA JUGA:Awas! Salah Memilih Modifikasi Motor Bisa Melanggar Hukum, Begini Penjelasannya

Sehingga adakah cara untuk mencegah hal ini ? OtomotifXtra memberikan 3 cara mudah agar mika lampu mobil tidak mudah menguning:

1. Parkir

Lokasi parkir sangat menentukan kondisi mika lampu. Sinar UV yang keras dapat membuat lapisan pelindung menghilang dan membuat lampu terlihat kusam atau menguning. Sebaiknya mobil sebisa mungkin parkir di area yang teduh.

2. Coating

Coating dapat membantu melindungi mika lampu dan seluruh lapisannya. Kini banyak coating yang memang ditujukan untuk komponen tertentu, atau sekalian saja melakukan coating seluruh bodi untuk proteksi maksimal.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: