Mengoptimalkan Posisi Berkendara Truk Mercedes-Benz Axor Demi Keselamatan

Mengoptimalkan Posisi Berkendara Truk Mercedes-Benz Axor Demi Keselamatan

Mengoptimalkan Posisi Berkendara Truk Mercedes-Benz Axor Demi Keselamatan-PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia-PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM – Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga keselamatan selama mengendarai kendaraan niaga besar yang masuk kategori MHDT (Medium-High Duty Truck), seperti Mercedes-Benz Axor.

Diketahui bahwa angka kecelakaan kendaraan yang melibatkan truk menempati posisi kedua (10%) dari total keseluruhan kejadian kecelakaan di jalanan, dan ada banyak hal yang bisa menjadi faktor penyebab kecelakaan tersebut.

Faktor penyebabnya bisa dari aspek diluar pengemudi seperti kondisi jalan, kondisi truk yang sudah tidak layak atau sedang dalam masalah, maupun dari sisi dalam seperti mengemudi tidak dalam kondisi optimal, serta posisi pengemudi yang tidak ergonomis.

BACA JUGA:Cara Mudah Dapatkan Asuransi Gratis dari Castrol, Jaga Performance Mesin dan Beri Perlindungan pada Pemotor

Oleh karena itu, penting untuk para pengemudi memahami posisi ergonomi dalam berkendara supaya tidak hanya memberikan kenyamanan tetapi juga keamanan. Karena posisi ergonomi tiap pengemudi berbeda-beda, berikut adalah hal-hal yang dapat disiapkan dan diperhatikan oleh pengemudi ketika akan mengendarai unit truk Mercedes-Benz Axor:

Posisi Naik Kendaraan

Penting bagi pengemudi untuk memahami bagaimana posisi tepat untuk menaiki berbagai seri truk Mercedes-Benz Axor.

Pertama, pengemudi harus memastikan pintu terbuka dengan posisi 90 derajat.

Posisi naik dan turun truk diharapkan menggunakan metode 3 titik tumpu dan menghadap pada kendaraan.

BACA JUGA:Tips Cara Mudah Memasang Sarung Jok Pada Mobil


Mengoptimalkan Posisi Berkendara Truk Mercedes-Benz Axor Demi Keselamatan-PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia-PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia

Posisi 3 titik tumpu tersebut adalah posisi dua tangan dan satu kaki. 

Bagian 3 titik tumpu dimulai dengan memposisikan kedua tangan pada handle di dalam pintu dan besi yang ada di bawah jok kaki kursi pengemudi.

Lalu pengemudi memijakkan kaki dominannya pada anak tangga kendaraan.

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya