10 Tips Jaga Kesehatan Baterai Motor Listrik Biar Awet Lama Nggak Cepat Rusak

10 Tips Jaga Kesehatan Baterai Motor Listrik Biar Awet Lama Nggak Cepat Rusak

Baterai Motor Listrik Tetap Awet! 10 Tips Jaga Kesehatannya Biar Nggak Cepat Rusak-alvaauto.com-alvaauto.com

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Sepeda motor listrik adalah pilihan yang populer di era modern karena sifatnya yang ramah lingkungan dan efisiensi energi. 

Motor ini menggunakan tenaga listrik dari baterai sebagai sumber energi untuk menggerakkan motor dan roda, sehingga tidak memerlukan bahan bakar fosil dan menghasilkan emisi yang lebih rendah dibandingkan dengan sepeda motor berbahan bakar konvensional.

Namun, agar motor listrik tetap awet dan baterainya tahan lama, perawatan yang maksimal perlu dilakukan. 

BACA JUGA:Ramadhan Sunset Ride MAXi Yamaha, Bangga Tampil Berkendara MAXimal

BACA JUGA:Mengenal 4 Fitur Canggih Rem Motor Honda, Apa Kelebihannya?

Salah satu cara yang penting adalah memastikan baterai motor listrik terisi penuh sebelum digunakan dan hindari penggunaan baterai sampai benar-benar habis karena hal ini dapat memperpendek umur baterai. 

Selain itu, jaga suhu baterai agar tetap stabil, hindari paparan langsung sinar matahari atau panas berlebih, dan pastikan baterai tetap terjaga dari kelembaban yang berlebihan.

Selain itu, lakukan pengecekan secara berkala terhadap kondisi fisik baterai seperti kerusakan atau kebocoran yang bisa terjadi. 

Pastikan juga untuk menggunakan charger yang sesuai dengan spesifikasi baterai motor listrik Anda agar pengisian baterai berjalan dengan optimal dan tidak merusak baterai. 

BACA JUGA:Cek Detail Spesifikasi dan Harga Suzuki Jimny 5 Pintu, Seberapa Canggih Sih?

BACA JUGA:Cara Membersihkan Piston Kaliper Rem Mobil yang Sudah Berkarat

Dengan perawatan yang baik, baterai motor listrik dapat awet digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama serta memberikan kinerja yang optimal saat digunakan.

Berikut adalah beberapa cara untuk merawat baterai motor listrik agar awet digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama serta tidak mudah rusak:

1. Jaga Suhu Optimal

Temukan konten otomotifxtra.com menarik lainnya di Google News

Sumber: